Bupati Buton Siap Sukseskan Porprov 2022 – Kendari Pos
Nasional

Bupati Buton Siap Sukseskan Porprov 2022

Bupati Buton La Bakry (kiri) saat memantau pematangan lahan rencana pembangunan GOR di sisi kiri gedung perkantoran takawa, kemarin


KENDARIPOS.CO.ID — Dua tahun lagi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke-XIV tingkat Sulawesi Tenggara digelar. Pesta olahraga empat tahunan level provinsi itu akan digelar tahun 2022. Meski masih lama, setiap agenda besar pasti butuh persiapan matang dan paripurna. Salah satu tahap yang sudah dituntaskan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sultra sebagai leading sektor penyelenggara adalah penetapan tuan rumah.

KONI Sultra memilih Kabupaten Buton dan Kota Baubau sebagai penyelenggara event tersebut.

Menyambut putusan KONI itu, Pemkab Buton bergerak cepat. Sarana infrastruktur dirancang, lokasi pembangunannya pun sudah disiapkan. Bupati Buton La Bakry mengatakan, sejak awal Buton sudah “ngotot” menjadi tuan rumah. Itu artinya segala konsekuensi persiapan menyukseskan agenda itu sudah dipertimbangkan.

“Kita siap. Buton sendiri saja bisa, apalagi jika berkolaborasi dengan Pemkot Baubau. Yah tinggal kita bagi saja, mana saja cabor yang digelar di Buton dan mana di Baubau. Orang-orang boleh pesimis di luar sana, tapi saya katakan kita pasti bisa,” kata Bupati Buton La Bakry menyatakan optimistisnya kepada Kendari Pos ditemui di rumah dinas bupati, kemarin.

Suami Delya Montolalu ini menambahkan pihaknya masih punya waktu dua tahun untuk melengkapi sarana dan prasarana yang dibutuhkan. Sebab diperkirakan Porprov itu akan berlangsung akhir tahun 2022. Olehnya itu, pembangunan Gelanggang Olah Raga (GOR), stadion, dan sarana prasarana pendukung lainnya tetap bisa dituntaskan sebelum kegiatan dimulai.

“Memang butuh anggaran besar. Tapi kita akan dibantu dengan provinsi karena ini kan kegiatan tingkat provinsi, pasti kita dibantu. Masih cukup waktu, masih dua tahun. Kan ini 2022, kalau 2021 jelas tidak akan ada daerah yang siap,” tambah Bupati La Bakry.

La Bakry mengaku akan meminta cabang olahraga seperti sepak bola, voly, sepak takraw dan sejenisnya agar dipusatkan di Pasarwajo, Ibu Kota Kabupaten Buton. Untuk itu, ia mengaku akan menyiapkan empat lapangan berstandar nasional di Pasarwajo. “Mungkin hanya kita yang punya empat lapangan berstandar nasional nanti. Saya lihat daerah lain belum ada. Kita sudah mulai pematangan lahan, di depan kantor DPRD, di Banabungi, di samping GOR nanti dan ada di stadion juga. Totalnya empat lapangan,” paparnya.

KONI Buton juga kata dia terus menyiapkan diri, baik dari kepengurusan cabor maupun peningkatan prestasi dan kemampuan atlet. La Bakry optimistis, fasilitas yang akan dibangun akan siap sebelum waktu penyelanggaraan Porprov. “Saya berharap doa dan dukungan masyarakat agar Buton bisa menjadi tuan rumah Porprov yang baik,” tutup La Bakry. (lyn/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy