BKP Pastikan Pasokan Pangan Aman Hingga Akhir Tahun – Kendari Pos
Nasional

BKP Pastikan Pasokan Pangan Aman Hingga Akhir Tahun


KENDARIPOS.CO.ID — Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian Agung Hendriadi memastikan ketersediaan dan pasokan pangan aman terkendali menjelang Natal dan Tahun Baru 2021 (Nataru). Agung mengatakan, kebutuhan pangan tersebut sudah tersedia di seluruh Indonesia dan dapat diakses oleh masyarakat. “Kami informasikan bahwa ketersediaan pangan kita cukup sampai dengan akhir tahun 2020,” ungkap Agung saat peluncuran aplikasi Pasar Tani di Jakarta Selatan, Kamis (17/12).

Agung Hendriadi

Agung menjelaskan, ada beberapa komoditas pangan pokok yang mengalami surplus. Antara lain beras surplus 6,6 juta ton, jagung 1,5 juta ton. Kemudian bawang merah surplus 82 ribu ton, bawang putih 180 ribu ton, cabai besar 3.000 ton, cabai rawit 10 ribu ton, daging sapi 32.000 ton, daging ayam 276 ribu ton, telur 97 ribu ton dan gula pasir 1,4 juta. “Dengan angka yang disebutkan itu, Insyaallah semua pangan tidak ada masalah,” ucapnya meyakinkan.

Meski ada kenaikan harga pada beberapa komoditas seperti telur, tetapi Agung menyebut bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan karena masih terkendali dan dalam batas normal. “Naik sedikit tidak apa-apa yang penting masih bisa terkendali,” terangnya.

Guna memastikan distribusi pasokan pangan, Agung akan berkoordinasi dengan Dinas Ketahanan Pangan di Kabupaten/Kota dalam melakukan monitoring. “Di mana yang kurang. Misalnya Maluku Utara hari ini kekurangan cabai, kita kirim dari sentra cabai ke sana,” pungkasnya Agung.(ddy/jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy