Bisnis Pariwisata Berubah Total, Pakar Tunggu Inovasi Sandi Uno – Kendari Pos
Nasional

Bisnis Pariwisata Berubah Total, Pakar Tunggu Inovasi Sandi Uno


KENDARIPOS.CO.ID — Berbagai kalangan menyambut baik penunjukan Sandiaga Salahudin Uno menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf). Tak terkecuali dari kalangan pakar dan akademisi. Salah satunya adalah Guru Besar Universitas Gajah Mada (UGM) sekaligus pakar pariwisata Muhammad Baiquni.
Ia berharap modal pengalaman dan jaringan Sandiaga Uno bisa melahirkan terobosan dalam membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang terpuruk akibat pandemi Covid-19.

Sandiaga Salahudin Uno sudah mulai berkantor di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Sejumlah kalangan menunggu inovasi dan gebrakan dari manatan wagub DKI Jakarta itu.

“Sandiaga Uno punya pengalaman dan jaringan yang luas, dia orang yang tepat untuk membangun industri berbasis kreatif dan UMKM sebagaimana dulu yang dia janjikan masa kampanye. Dulu memang rival dengan Jokowi, sekarang telah menyatu dan dia tetap harus menjunjung tinggi janjinya,” ungkap Baiquni, kemarin.

Lebih lanjut, Baiquni berpesan agar Sandiaga bisa menciptakan inovasi pariwisata di tengah pandemi Covid-19. Bukan sekadar melanjutkan pekerjaan yang sudah dirintis oleh pendahulunya. Sebab, segala perubahan yang terjadi selama pandemi harus dibarengi dengan adaptasi.

“Untuk pergerakan ke depannya tergantung strategi dan kebijakan kementerian yang baru ini. Kalau business as usual, tidak akan tumbuh. Karena infrastruktur dan ekologi bisnis pariwisata berubah total,” kata Baiquni.

Sementara itu, Bendahara Umum OK OCE Indonesia Rahmat Agustiar yakin Sandi bisa mengembalikan geliat industri pariwisata dan ekonomi kreatif yang terpuruk akibat Covid-19 setahun belakangan. “Terpilihnya Sandi akan berdampak positif bagi dunia usaha. Bangkitnya sektor pariwisata dan ekonomi kreatif secara langsung akan membuka lapangan pekerjaan yang semakin langka selama pandemi,” ungkap Rahmat dalam keterangan pers yang diterima JawaPos.com, Minggu (27/12).

Rahmat menuturkan, hal ini tidak lepas dari kiprah Sandi sebagai Founder OKE OCE Indonesia yang, menurutnya, berhasil mendorong OK OCE sebagai gerakan kewirausahaan nasional dan telah melahirkan banyak pengusaha muda beberapa tahun belakangan. “Harapan terbaik di bawah kepemimpinan beliau lapangan pekerjaan yang menjadi pekerjaan rumah utama imbas covid-19 dapat segera teratasi,” katanya.

Sementara itu, Sandi pun mengapresiasi dukungan yang diberikan kepadanya. Ia berjanji akan menyelamatkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif lewat kolaborasi dengan sejumlah kementerian dalam Kabinet Indonesia Maju.

Untuk diketahui, Sandi sudah melakukan pertemuan bersama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, dan Menteri Perdagangan Muhammad Luthfi. Pertemuan tersebut, kata Sandi, dilakukan sebagai langkah percepatan untuk menggerakan ekonomi.

“Kita harus berkolaborasi, dan kebijakan ini harus kita pastikan eksekusi yang tepat waktu, tepat sasaran, tepat manfaat. Ada lebih dari 40 juta lapangan kerja yang perlu kita selamatkan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” katanya.

“Mudah-mudahan ini menjadi sumbangsih pertama kita terhadap kebangkitan ekonomi, pemulihan mengatasi Covid-19, dan kesempatan kita untuk membuka lapangan kerja yang seluas-luasnya,” katanya. (jpg)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy