Belum ada Rekomendasi PSU di Sultra – Kendari Pos
Politik

Belum ada Rekomendasi PSU di Sultra

KENDARIPOS.CO.ID — Pilkada tujuh kabupaten di Sultra berlangsung aman. Komisi Pemilihan Umum (KPU) masing-masing daerah yang menggelar Pilkada belum menerima rekomendasi Potensi Pemungutan Suara Ulang (PSU) dari Bawaslu.

Ketua KPU Sultra La Ode Abdul Natsir Muthalib

Ketua KPU Sultra La Ode Abdul Natsir Muthalib mengatakan, tak ada rekomendasi PSU dari pengawas pemilu dalam penyelenggaraan Pilkada pada 2.088 TPS di 1.090 Desa/Kelurahan, 93 kecamatan di 7 Kabupaten. Semua proses pilkada berjalan sesuai regulasi.

“Kami mengapresiasi petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang sudah melayani pemilih di TPS secara baik. Dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat,” kata La Ode Abdul Natsir Muthalib kepada Kendari Pos, Jumat (18/12).

Pemungutan suara di TPS dapat diulang, kata dia, apabila terjadi gangguan keamanan yang mengakibatkan hasil pemungutan suara tidak dapat digunakan atau penghitungan suara tidak dapat dilakukan. Termasuk jika hasil penelitian dan pemeriksaan Panwascam, terbukti terjadi pembukaan kotak suara dan atau berkas pemungutan dan penghitungan suara tidak dilakukan menurut tata cara yang ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan.

“Petugas KPPS meminta pemilih memberi tanda khusus, menandatangani, atau menulis nama atau alamatnya pada surat suara yang sudah digunakan, petugas KPPS merusak lebih dari satu surat suara yang sudah digunakan oleh pemilih sehingga surat suara tersebut menjadi tidak sah,” ungkapnya.

Selain itu, kata dia, PSU dapat dilakukan bila ada pemilih menggunakan hak pilih lebih dari satu kali pada TPS yang sama atau TPS yang berbeda. Termasuk, bila terdapat lebih dari satu orang pemilih yang tidak terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT) mendapat kesempatan menyalurkan hak pilih. (ali/b).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy