Baubau Siap Jadi Ibu Kota Kepton – Kendari Pos
Nasional

Baubau Siap Jadi Ibu Kota Kepton


KENDARIPOS.CO.ID — Kota Baubau dalam kendali Wali Kota AS Tamrin terus berbenah. Infrastruktur kota dibangun dan ditata sedemikian rupa. Wajar saja Kota Baubau ditata apik sebagai bentuk kesiapan menjadi calon ibu kota provinsi jika Provinsi Kepulauan Buton (Kepton) dibentuk nanti. Kendati belum masuk dalam program legislasi nasional, semua elemen di jazirah Buton masih terus bergerak dalam garis perjuangan pemekaran Kepton.

Wali Kota Baubau AS Tamrin (tengah, pakai peci) melihat beberapa dokumen lahan untuk persiapan pembangunan jembatan penghubung Pulau Buton dan Pulau Muna yang ada di Kelurahan Palabusa. Pembangunan jembatan itu merupakan prioritas Pemkot Baubau jika menjadi calon ibu kota Provinsi Kepulauan Buton nanti.

Gubernur Sultra, Ali Mazi, anggota DPR RI dan DPD RI asal Dapil Sultra sudah pasti mendukung pemekaran Kepton. Pemprov Sultra bersama Forkopimda bakal mengajukan usulan yang relevan mendukung lahirnya RUU Kepton. Usulan itu adalah pembentukan Korem baru di wilayah kepulauan Sultra sebagai cikal bakal terbentuknya Kodam di wilayah Sultra.

Sebagai bentuk dukungan dan kesiapan Kota Baubau bakal menjadi calon ibu kota Provinsi Kepton,
Wali Kota Baubau AS Tamrin mengembangkan pembangunan tiga kawasan strategis yakni jalan lingkar, jalan baypass serta rencana pembangunan jembatan Buton-Muna. “Pengembangan tiga kawasan strategis ini, juga akan memastikan kesiapan Baubau dari aspek infrastruktur sebagai calon ibu kota Provinsi Kepulauan Buton nantinya,” ujar AS Tamrin kepada Kendari Pos, kemarin.

Terkait rencana pembangunan jembatan Buton-Muna atau yang lebih dikenal Jembatan Baruta, Wali Kota AS Tamrin menyiapkan lahan seluas 3,5 hektare. Warga yang lahannya terdampak akan diberikan ganti rugi. Langka awal Pemkot menyiapkan Rp.1 miliar untuk biaya pembebasan lahan tempat pembangunan tiang pancang. Lokasi pembangunan jembatan di Kelurahan Palabusa.

“Ini sebagai langkah awal, upaya untuk memastikan pembangunan. Tentunya kita harus menyiapkan lahan terlebih dulu. Jangan sampai sudah mau membangun tapi lahannya belum siap. Makanya kita harus disiapkan lahannya,” ungkap AS Tamrin.

Sebelumnya, Gubernur Sultra Ali Mazi mengatakan siap bersinergi dengan DPD RI dan DPR RI dalam mendorong percepatan pembahasan RUU daerah kepulauan bersama pemerintah pusat. Sehingga diharapkan dapat mempercepat hadirnya UU pemekaran Kepton, guna memperkuat landasan hukum pembangunan wilayah kepulauan.

“Kita berharap, nantinya dengan UU tersebut, pembangunan daerah-daerah kepulauan yang selama ini terkesan belum maksimal dapat lebih terfokus. Yang pada gilirannya pembangunan merata, berkemajuan, dan berkeadilan sosial bagi bagi seluruh wilayah dapat segera terwujud,”kata Gubernur Sultra Ali Mazi.

Untuk diketahui, wilayah yang masuk dalam jazirah Kepton, yakni Kota Baubau, Kabupaten Buton, Buton Selatan, Buton Tengah, dan Buton Utara. Dan dimungkinkan termasuk Kabupaten Wakatobi.
(ahi/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy