Baliho Sultra 1, Oleh : La Ode Diada Nebansi – Kendari Pos
Kolom

Baliho Sultra 1, Oleh : La Ode Diada Nebansi


KENDARIPOS.CO.ID — Pemilihan Gubernur Sultra masih tiga tahun lagi. Tapi, baliho kandidat menuju Sultra 1 sudah bertebaran. Dua baliho yang terang-terangan bergambar Kery Saiful Konggoasa (KSK) dan Umar Samiun (US). Lainnya, masih sebagai info dan “katanya”.

La Ode Diada Nebansi

Yang menarik dari tebaran baliho ini, bukan soal figurnya, bukan soal tagline yang tertera di baliho, tapi, yang menarik adalah: keberanian menata langkah menuju kursi gubernur yang masih cukup lama. Masih tiga tahun. Artinya, siapapun yang memasang baliho sejak dini, sesiapa memasang baliho dalam rentang waktu 36 bulan, di 17 kabupaten kota, dipastikan bahwa orang itu: sanggup. Orang itu: siap. Orang itu, telah memetik pelajaran bahwa yang namanya pertarungan kekuasaan yang bersumber dari pilihan rakyat maka kunci suksesnya adalah dekatkan diri dengan rakyat.
Caranya? Ya, perkenalkan dirimu bahwa saya adalah calon pemimpinmu. Katakan melalui aneka media bahwa: inilah saya. Bacalah di koran-koran cetak atau koran elektronik seperti apa visi misi saya kelak menjadi Gubernur. Bacalah di media-media online. Lihatlah gambar saya di baliho-baliho. Dan, bacalah wajah saya, karena wajah adalah jendela untuk mengetahui karakter.

Masih tiga tahun pemilihan gubernur, tapi, baliho sudah menutupi dua per tiga wilayah. Artinya, kamu sanggup. Artinya, kamu siap. Kenapa? Bukankah ada dan pernah kita menyaksikan seseorang atau lebih, yang bertarung di medan pemilihan, apakah itu pemilihan legislatif atau pemilihan kepala daerah, jangankan masih tiga tahun, sisa waktu enam bulan pun mereka belum berani memasang baliho. Kenapa? Takut “dititiwi”. Titiwi ialah, gerombolan ayam kelaparan yang tiba-tiba melintas di tumpukan karung jagung. Satu-satu biji jagung keluar, tapi kalau dalam tempo enam bulan “dititiwi”, rasa-rasanya lunglai bagi mereka yang kesiapannya tanggung.

Dan, di Pilgub Sultra nanti, ternyata ada yang sanggup. Kery Saiful Konggoasa (KSK) dan Umar Samiun (US), orangnya. Saat ini, tak berlebihan jika setiap warga Sultra yang “ngeh” soal politik, bila ditanya siapa calon gubernur ke depan mereka akan menjawab: Kery Konggoasa. Siapa lagi? Umar Samiun. Siapa lagi? ASR. Siapa ASR? Andi Sumange Rukka. Siapa lagi? Lukman Abunawas. Siapa lagi? Ridwan BAE. Siapa lagi? Itu saja.

Tanpa baliho tapi tetap disebut. Ya. Itu artinya, nama dan nilai ketokohan sudah masuk di benak masyarakat Sultra. Paling tidak, mereka yang tersebut pernah bertarung atau, saat ini tengah menduduki posisi penting saa dan dipandang layak dan patut bertarung di pemilihan gubernur.

Tapi bahwa, starting Kery Saiful Konggoasa adalah fenomena dan pelajaran bagi kandidat pemimpin rakyat di masa-masa datang. Bahwa, untuk menjadi pemimpin rakyat, harus terencana, terprogram, terstruktur, tidak ujug-ujug, dan terpenting: tidak pelit. Seperti apa tahapan rencana menuju kepala daerah? Misalnya, ketika anda mengemban amanah, maka pegang dan jalankanlah amanah itu hingga kamu dicap sebagai pemimpin yang konsisten, cerdas dan jujur dipercaya.

Kaum cendekia acap kali menyebutnya dengan istilah: amanah, fathanah dan siddiq. Kata kaum akademis menyebut dengan istilah: pelajari track recordnya. Kalau track recordnya bagus, maka baiklah orang itu. Kalau bersatu antara kata dan perbuatannya maka baiklah orang itu.

Jangan sebaliknya. Jangan menonjolkan pemimpin, apalagi memilih pemimpin yang telah mencatatkan track record penderitaan rakyat. Besarkanlah pemimpin yang kalau menjadi mandor, buruhnya happy.

Carilah pemimpin yang kalau menjadi kepala sekolah: guru-gurunya kebagian sisa hasil BOS.
Carilah pemimpin yang kalau dia jadi direktur, stafnya sering gemuk-gemuk.
Carilah pemimpin yang kalau dia jadi lurah/kepala kepala desa rakyatnya harmonis bahagia.
Carilah pemimpin seperti Imam, yang kalau habis bicara serentak dijawab: Aamiin.(nebansi@yahoo.com)

La Ode Diada Nebansi (Direktur Kendari Pos)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy