Awasi Ketat Penyaluran Bansos, Pemkot Kerahkan Tim Saber Pungli – Kendari Pos
Metro Kendari

Awasi Ketat Penyaluran Bansos, Pemkot Kerahkan Tim Saber Pungli

KENDARIPOS.CO.ID — Dalam membantu warga terdampak covid-19, Pemkot Kendari menyalurkan ribuan bantuan sosial (Sosial) baik berupa paket sembako maupun bantuan langsung tunai (BLT). Untuk memastikan penyaluran tepat sasaran, pemerintah melibatkan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP). Inspektur Pembantu (Irban) I Inspektorat Kendari, Ridha Nappu mengatakan, pengenalan tersebut dalam rangka edukasi kepada masyarakat bahwa selama ini penyalurab bansos sudah sesuai mekanisme karena diawasi langsung oleh penhawas intern daerah bekerja sama dengab tim saber pungli Kota Kendari.

“Kita menginginkan semua bentuk bantuan sosial terhadap masyarakat bisa sampai pada titik sasaran, dengan menjalankan prosedur dan ketetapan yang berlaku,” ujarnya dalam Focus Group Discussion (FGD) sapu bersih pungutan liar (Saber Pungli) oleh Tim Unit Pemberantasan Pungutan Liar (UPPL) Inspektorat yang berlangsung di Kecamatan Kendari. Lebih lanjut dia mengimbau, kepada seluruh pendamping Program Keluarga Harapan (PKH), kerua RT/RW, lurah dan camat untuk melakukan penginputan data keluarga penerima manfaat dengan sebaik-baiknya untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan. “Untuk pendamping PKH sebaiknya data penerima bantuan sosial tersebut di koordinasikan kepada lurah setempat untuk penginputan data,” tuturnya.

Ridha juga meminta kepada seluruh petugas untuk bekerja sebaik-baiknya agar program bantuan sosial kepada masyarakat dapat berjalan sebagaimana yang diharapkan. Pada kesempatan yang sama, Irban Investigasi Inspektorat Kendari, Mulyadi mengatakan, kehadiran Tim Saber Pungli untuk memberantas pungutan liar secara efektif dan efisien. “Tim Saber Pungli dibentuk berdasarkan Perpres 87 Tahun 2016 tantang Satgas Saber Pungli. Kehadiran kami juga di sini memberi pemahaman tentang Saber Pungli itu sendiri, serta tindakan- tindakan yang melanggar aturan, terutama dalam penyaluran bansos bagi warga yang terdampak Covid-19,” ungkapnya. (b/ags)

Penyaluran Bansos
Tahun 2020 32.941 Paket
-Tahap I 21.925 Paket
-Tahap II 11.061 Paket
Tahun 2021 32.941 Paket

Bantuan Lansung Tunai (BLT) 9.025 Penerima
-Karyawan yang Dirumahkan 3.639 Orang
-Pedagang dan pelaku UKM 3.789 Orang
-Nelayan 1.777 Orang
Tiap Penerima Peroleh Rp 300 Ribu

Sumber Data : Inspektorat Kota Kendari

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy