Asesmen Nasional Disiapkan Ciptakan SDM Unggul – Kendari Pos
Nasional

Asesmen Nasional Disiapkan Ciptakan SDM Unggul


KENDARIPOS.CO.ID — Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Iwan Syahril mengatakan, Asesmen Nasional (AN) dapat meningkatan pemahaman para peserta didik. Jadi, tidak seperti Ujian Nasional (UN), AN tidak menilai berdasarkan mata pelajaran.

Ilustrasi Ujian Nasional yang akan digantikan dengan Asesmen Nasional.

“Sebelumnya di UN, bidang ilmu terkotak-kotak misalnya Bahasa Indonesia, Matematika dan sebagainya. Di AN, di asesmen kompetensi minimum (AKM) kita menyasar kompetensi utama yang lintas mata pelajaran, yaitu kompetensi inti literasi numerasi dan karakter yang mencakup semua mata pelajaran,” ungkap Iwan Syahril, Selasa (22/12).

Kompetensi literasi, numerasi dan karakter ini akan berpengaruh dalam bidang pekerjaan yang peserta didik pilih. Jadi, AN akan mempersiapkan murid untuk bisa bergerak dalam ruang yang lebih luas.

Melalui AN, ada kolaborasi antar bidang, para siswa pun akan memiliki kemampuan beragam setelah mampu melakukan penyesuaian pada kompetensi yang dipilih, begitu juga dengan pemanfaatan teknologi yang lebih maksimal.

Jadi, para murid akan disiapkan untuk menjadi SDM unggul demi kemajuan bangsa. Hal ini juga dilakukan agar manusia bisa berdampingan dengan mesin terkait peran pekerjaan. “Apa yang tadinya menjadi hal yang dikerjakan oleh manusia dan rutinitas, itu sudah bisa digantikan oleh mesin dan menjadi lebih efektif. Kita harus mencari ruang-ruang untuk terus belajar meningkatkan relevansi supaya dalam konteks dunia kerja ini,” tutur Iwan Syahril.

Kata dia, AN diperuntukkan dalam menghadirkan pendidikan yang lebih holistik, tidak hanya dari sisi kognitif tapi juga emosional karakter peserta didik. “Jadi tidak hanya menyasar pada konteks kognitif saja, jadi kita ingin lebih holistik dan menggambarkan filosofi pendidikan yang seharusnya,” urainya. (jpg)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy