APBD Konawe 2021 Rp 1,4 Triliun – Kendari Pos
Konawe

APBD Konawe 2021 Rp 1,4 Triliun

KENDARIPOS.CO.ID — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Konawe telah mengesahkan rancangan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Konawe tahun 2021. Ketua DPRD Konawe, H. Ardin, mengatakan, rancangan APBD yang diusulkan Pemkab dan telah disetujui itu mencapai Rp 1,4 triliun. “Angka tersebut diperoleh dari akumulasi capaian pendapatan asli daerah (PAD). PAD Konawe tahun 2020 sebesar Rp 123 miliar. Kemudian ditambah dengan dana perimbangan, dana bagi hasil (DBH) serta dana transfer pusat,” ujar H Ardin, usai rapat paripurna penandatanganan nota kesepahaman bersama Pemkab terkait RAPBD 2021.

Politikus PAN itu menambahkan, sebagai lembaga pengawasan, DPRD Konawe tinggal mengontrol APBD tahun 2021 yang sudah disetujui bersama. Dewan meminta Pemkab Konawe untuk menggunakan anggaran yang ada tersebut sesuai item-item kegiatan yang telah disepakati. “Postur APBD tahun 2021 sudah kita sepakati. Kita ingin anggaran tersebut dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat Konawe,” tambahnya.

Sementara itu, Sekretaris Kabupaten (Sekab) Konawe, Ferdinand Sapan, menuturkan, Pemkab mengapresiasi pihak legislatif setempat yang telah menjadi mitra dan terus mendukung program pemerintah. Ferdinand menyebut, APBD Konawe tahun 2021 memang lebih rendah dibanding tahun sebelumnya sebesar Rp 1,6 triliun. Pengurangan itu disebabkan adanya penyesuaian pendapatan daerah yang belum memenuhi target ditahun 2020. “Penurunan nominal APBD tahun 2021 juga lantaran pengurangan transfer dana alokasi umum (DAU) dari pusat ke Pemkab,” ucap Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Konawe itu. (c/adi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy