Antam Serahkan 32 Lods ke Pemkab Kolaka


KENDARIPOS.CO.ID — PT Antam Tbk Unit Bisnis Pertambangan Nikel (UBPN) Sulawesi Tenggara (Sultra) terus memberikan kontribusi bagi pembangunan pada sekitar wilayah operasionalnya di Kabupaten Kolaka, khususnya Kecamatan Pomalaa. Senin (30/11), perusahaan milik negara tersebut menyerahkan gedung yang ada di Pasar Bokeo Laduma, Kelurahan Dawi-Dawi, Kecamatan Pomalaa kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka.

General Manager PT Antam Tbk UBPN Sultra, Khaidir Said, disaksikan Bupati Kolaka, H. Ahmad Safei saat menandatangani penyerahan aset gedung Pasar Bokeo Laduma kepada pihak Pemkab, kemarin

Bupati Kolaka, H. Ahmad Safei menerima langsung aset tersebut, kemarin. General Manager PT Antam Tbk UBPN Sultra, Khaidir Said. mengungkapkan, selaku salah satu perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang ada di Indonesia, pihaknya bekerja sama dengan pemerintah. Hal itu merupakan wujud sinergitas dalam rangka membangun dan memberdayakan masyarakat di sekitar wilayah operasional Antam. Untuk itu, pihaknya membangun gedung tersebut dan menyerahkannya kepada Pemkab Kolaka.

“Hari ini serah terima dan penyerahan secara simbolis. Ada 32 lods yang terdapat pada bangunan tersebut. Jadi, Antam sebagai pembangun, sedangkan pengelolaan kami serahkan kepada Pemkab Kolaka,” ungkapnya. Khaidir mengatakan, untuk pembangunan gedung pasar tersebut, realisasi anggaran dikeluarkan sebesar Rp 2,28 miliar dari program CSR tahun 2020. “Harapan kami, gedung atau lods tersebut bisa memberikan dampak ekonomi buat masyarakat Pomalaa dan Kolaka pada umumnya. Pasar adalah tempat lahirnya pebisnis dan pengusaha yang bisa memberikan kontribusi pada masyarakat,” harapnya.

Lanjut Khaidir, selain menyerahkan 32 lods kepada Pemkab Kolaka, pihaknya juga telah membangun jembatan titian di SD Terapung yang ada di Kelurahan Dawi-Dawi. Hal itu dilakukan karena selain perekonomian, program CSR juga diarahkan untuk meningkatkan pendidikan masyarakat di sekitar wilayah operasional perusahaan.
“Di SD Terapung tersebut kami juga menyediakan tempat parkir dan membangun musala serta kantin. Program ini diharapkan bisa membantu guru dan siswa sehingga proses belajar dan mengajar bisa berjalan lebih baik karena guru dan siswa lebih semangat,” tuturnya.

Pada kegiatan tersebut yang juga dihadiri Ketua DPRD Kolaka Syaifullah Halik, Antam juga menyerahkan secara simbolis bantuan mesin tempel dan mesin kapal kepada sejumlah nelayan. “Ini adalah program pemberdayaan masyarakat pesisir yang berjalan sejak tahun 2017 dan berlanjut sampai sekarang. Harapan kami ini bisa membantu para nelayan agar tangkapannya lebih banyak,” kata Khaidir.

Bupati Kolaka, H. Ahmad Safei, berterima kasih pada pihak Antam yang telah banyak membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Apa yang diberikan Antam ini dimanfaatkan sebaik-baiknya. Kita juga harus menjaga dan memelihara dengan baik apa yang telah diberikan ini,” pesannya. (b/fad)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *