Anggaran Baru Fokus Pacu Ekonomi – Kendari Pos
Muna

Anggaran Baru Fokus Pacu Ekonomi


KENDARIPOS.CO.ID — Fokus Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna pada tahun 2021 mendatang adalah meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah di atas angka 6 persen. Penegasan tersebut disampaikan Bupati Muna, LM. Rusman Emba. Ia meminta birokrasi yang berkaitan dengan sektor pertumbuhan ekonomi agar bekerja lebih fokus dan terukur.
Rusman mengatakan untuk mencapai target tersebut dirinya akan melakulan konsolidasi birokrasi dalam rangka menyambut tahun anggaran baru. Konsolidasi dimaksudkan agar semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bersinergi dalam mengejar target pertumbuhan tersebut.

Bupati Muna, Rusman Emba telah memproyeksi pemanfaatan anggaran APBD 2021. Salah satu prioritasnya adalah meningkatkan perekonomian

“Ada banyak fokus kita di 2021. Tetapi yang terpenting adalah bagaimana meningkatkan geliat ekonomi,” jelasnya, Minggu (13/12). Ekonomi Kabupaten Muna dalam tiga tahun terakhir secara konsisten terus meningkat. Dimulai tahun 2017 sebesar 5,04 persen, lalu tumbuh menjadi 5,16 persen setahun berikutnya. Ditahun 2019 angkanya kembali naik menjadi 5,40 persen. Sementara nilai pertumbuhan tahun 2020 baru akan diketahui Januari 2021 nanti. Kendati demikian, Pemkab melakukan rasionalisasi pertumbuhan 2020 dari target 6,9 persen karena faktor pandemi Covid-19.

“Untuk tahun depan, kita optimis bisa di atas 6 persen atau bahkan 7 persen,” ujarnya. Rusman melanjutkan, sejumlah sektor yang akan digenjot tahun depan adalah pertanian, perikanan, peternakan, ekonomi kreatif dan pariwisata. Masing-masing sektor tersebut memiliki tumpuan. Seperti di sektor pertanian antara lain ada pada komoditas jagung kuning, mete dan komoditi lain yang memiliki nilai ekonomis tinggi. “Semua instansi di sektor itu termasuk instansi yang berkaitan erat akan kita konsolidasikan. Prinsipnya, semua energi akan difokuskan meningkatkan ekonomi,” tandas Muna-1 tersebut. (b/ode)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy