Agista Ariany Dorong Pengembangan UMKM Bombana – Kendari Pos
Bombana

Agista Ariany Dorong Pengembangan UMKM Bombana

KENDARIPOS.CO.ID — Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) salah satu sektor yang diyakini bisa mendorong roda perekonomian daerah. Bahkan dapat meningkatkan devisa negara jika hasil UMKM menembus pasar ekspor. Dengan begitu, UMKM ikut berkontribusi dalam menopang ekonomi bangsa.

Untuk itu, Ketua Dekranasda Provinsi Sultra, Agista Ariany mengatakan keberadaan UMKM sangat penting bagi perekonomian daerah, terlebih lagi di tengah wabah Covid-19 yang saat ini. Agista menekankan agar pemerintah daerah (kabupaten/kota) di Sultra mendukung pengembangan UMKM dengan memberikan pembinaan bagi para pelaku usaha di daerah. Termasuk Pemkab Bombana.

Ketua Dekranasda Bombana, Andi Nirwana Sebbu (tengah) menyerahkan cendera mata kepada Ketua Dekranasda Sultra Agista Ariany (kanan) dalam kunjungan kerja di Bombana, Senin (7/12) kemarin. Tampak Bupati Bombana H. Tafdil (kiri).

“Untuk itu, saya meminta Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Bombana agar terus berupaya mendorong semangat pelaku UMKM agar terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi saat ini. Sehingga di tengah pandemi ini UMKM kita bisa tetap eksis dan tidak mati. Bahkan bisa menjadi salah satu sektor yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat di masa pandemi saat ini,” ujar Agista Ariyani Ali Mazi, Ketua Dekranasda Provinsi Sultra saat kunjungan kerja di Kabupaten Bombana, Senin (7/12) kemarin.

Perempuan pertama yang menjadi Ketua KONI Sultra itu meyakini banyak kerajinan UMKM Bombana yang bisa menjadi penggerak ekonomi masyarakat. Sebut saja, keragaman motif batik, tenun hingga terasi khas Bombana. “Para perajin ini harus terus kita bina agar hasil kerajinan yang mereka buat bisa lebih inovatif lagi dan yang pastinya sesuai dengan kebutuhan pasar saat ini,” terang Agista Ariany.

Menurut Agista Ariany banyak hal yang bisa dilakukan Dekranasda dan Pemkab Bombana dalam pemberian penguatan kepada para pelaku UMKM. Salah satunya dengan memberikan pelatihan secara intens kepada seluruh pelaku usaha. “Harapan saya daerah Bombana bisa lebih maju dan lebih baik lagi di berbagai bidang. Khususnya pada sektor ekonomi yang ditunjang dengan para pelaku UMKM-nya,” imbuh Ketua TP PKK Provinsi Sultra itu.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Bombana Andi Nirwana Sebbu mengatakan akan menggenjot kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) para pelaku UMKM dengan melakukan pelatihan-pelatihan dan pemanfaatan teknologi. Menurut anggota DPD RI itu, kualitas perajin yang mumpuni akan berbanding lurus dengan karya atau produk yang dihasilkan.

“Saat ini kualitas SDM (UMKM) kita memang masih kurang, khususnya pada bidang teknologi. Maka dari itu, pembinaan para perajin ini akan kita berikan secara intensif. Apakah mendatangkan perajin yang mumpuni untuk menjadi pemateri, atau mengirim para perajin kita yang memiliki potensi untuk berguru di daerah lain. Misalnya perajin batik bisa berguru ke daerah Jawa. Sedangkan tenun bisa berguru ke daerah Buton,” terang Andi Nirwana Sebbu.

Bupati Bombana, H. Tafdil berkomitmen mendukung penuh Dekranasda Bombana dalam upaya pembinaan UMKM. Bahkan Bupati Bombana dua periode itu meminta Dekranasda Bombana bersinergi dengan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam rangka pembinaan para perajin. “Saya maunya OPD ini nantinya berkolaborasi dengan Dekranasda. Sebab, mitra kerja dari Dekranasda ini adalah OPD,” tuturnya.

Tafdil menjelaskan pandemi Covid-19 ini memang berdampak kepada para UMKM. Namun, pengaruhnya belum terlalu besar dan tetap bisa berjalan. Sebab, sebagian besar produk UMKM Bombana merupakan barang yang bersifat konsumtif, yang dibutuhkan setiap hari masyarakat. Seperti terasi.

“Dengan kedatangan Ketua Dekranasda Provinsi Ibu Agista Ariany di Bombana, tentu memberikan dampak positif bagi kami. Terlebih lagi ada beberapa saran diberikan terkait keberlangsungan UMKM di daerah ini. Seperti intens melakukan lomba, seperti lomba motif batik,” pungkasnya. (idh/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy