66 Ribu Anak Belum Miliki KIA, di Kendari Baru 17,91 Persen – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

66 Ribu Anak Belum Miliki KIA, di Kendari Baru 17,91 Persen

KENDARIPOS.CO.ID — Kesadaran warga khususnya orang tua dalam mengurus Kartu Identitas Anak (KIA) masih minim. Dari 81.603 wajib KIA di Kendari baru 14.618 anak atau 17,91 persen yang mengurus dan mencetak kartu. Hal inilah yang membuat Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) tak hentinya menggelar sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat.

Kepala Disdukcapil Kota Kendari, Asni Bonea mengungkapkan, sebanyak 66.985 anak di Kendari belum memiliki KIA. Menurut informasi yang didapatkannya di lapangan, masyarakat enggan mengurus KIA dikarenakan kesibukannya dalam bekerja, terkendala akses yang jauh (bagi yang bermukim dikawasan pesisir), alasan tidak butuh, serta beberapa alasan lainnya.

Padahal kata Asni, mengurus KIA sangatlah mudah. Masyarakat bisa melakukan pengurusan secara online dengan mengakses laman jari.kendarikota.go.id atau mengunduh aplikasi Jaga Kendari di Play Store. “Bagi masyarakat yang kesulitan mengakses jaringan internet, itu bisa melakukan pendaftara secara manual diseluruh kantor Kecamatan se-Kota Kendari,” kata Asni Bonea, kemarin.

KIA sambungnya, sangat penting bagi anak. Seperti memudahkan anak mendapatkan pelayanan publik di bidang kesehatan, pendidikan, imigrasi, perbankan, dan transportasi. Misalnya untuk pendaftaran sekolah, bukti identitas diri saat membuka tabungan atau menabung di bank, bukti pendaftaran BPJS dan lainnya.

“KIA dapat melindungi pemenuhan hak anak, menjamin akses sarana umum, hingga untuk mencegah terjadinya perdagangan anak. Kartu ini juga dapat menjadi bukti identifikasi diri ketika anak sewaktu-waktu mengalami peristiwa buruk,” kata Asni.

Selain untuk meningkatkan pelayanan dan menambah jumlah KIA di Kendari, kata Asni, upaya yang tersebut dihadirkan juga untuk mencegah dan meminimalisir antrean di Disdukcapil Kota Kendari. “Saat ini kan masih pandemi Covid-19. Jadi kami berupaya memudahkan masyarakat yang ingin mengurus KIA. Ini juga upaya kami untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kota Kendari,” kata Asni. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy