425 Mahasiswa Unsultra Ikut KKN Online – Kendari Pos
Edukasi

425 Mahasiswa Unsultra Ikut KKN Online

Mahasiswa Unsultra saat mengikuti pembekalan KKN beberapa waktu lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Pandemi Covid-19 yang tak kunjung berakhir, tak mengendurkan semangat mahasiswa Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) dalam pengabdian ilmu. Buktinya, sebanyak 425 mahasiswa tetap mwngikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang berlangsung secara online.

Rektor Unsultra, Prof. Dr. Ir. Andi Bahrun, M.Agric., mengungkapkan pelaksanaan KKN merupakan hal wajib yang harus dilakukan seluruh mahasiswa, meski dengan kondisi yang serba terbatas saat ini.

“Keputusan untuk melaksanakan KKN secara online sudah menjadi keputusan bersama, dimana menyikapi kasus pandemi Covid-19 yang belum juga berakhir di Sultra, sehingga itu menjadi keputusan yang paling tepat, namun dalam pelaksanaan lapangannya itu tidak sepenuhnya juga dilaksanakan secara online, program-program kerja itu bisa dilakukan secara offline namun dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, agar pelaksanaan KKN tetap akan dan kondusif,” ungkap Prof Andi Bahrun, Sabtu (26/12) lalu.

Dijelaskan bahwa masalah penempatan Posko peserta KKN, menggunakan alamat domisili dari masing-masing peserta KKN. Langkah ini diambil untuk mencegah penyebaran pandemi Covid-19 agar tidak meluas dan membentuk klaster baru.

“Setiap peserta KKN itu ditempatkan di kampung masing-masing, karena kondisi yang tidak memungkinkan untuk melakukan perolingan lokasi KKN. Ini juga akan menjadi hikmah tersendiri bagi mereka, bagaimana bisa lebih mengapdikan diri mereka di kampung halaman sendiri, bisa memberikan sebuah perubahan yang besar terhadap kehidupan di masyarakat,” ujarnya.

Diakuinya, dalam kegiatan KKN kali ini, ada dua program besar yang diberikan kepada peserta KKN, pertama  masalah pandemi Covid-19 dan persoalan yang dihadapi di masyarakat, kedua sesuai bidang keilmuan masing-masing.

“Tema besar itu pastinya harus dilakukan dengan sangat baik oleh mereka, dimana yang pertama mahasiswa harus bisa hadir memberikan edukasi kepada masyarakat, mengenai penanggulangan pandemi Covid-19 itu seperti apa. Dan juga bisa menerapkan secara langsung ilmu yang mereka dapatkan di bangku kuliah kepada masyarakat, yang pastinya bisa bermanfaat bagi kehidupan sosial mereka,” paparnya.

Mantan Kepala UT Kendari ini, berharap mahasiswa Unsultra dapat memacu diri untuk menunjukkan kualitasnya dalam pelaksanaan KKN. Bukan hanya dijadikan  rutinitas, tetapi menunjukkan bahwa Unsultra betul-betul bisa memecahkan dan mencari solusi dalam permasalahan di masyarakat. “Kalau sudah begitu, tentu mahasiswa KKN Unsultra selalu ada di hati. Alhasil masyarakat selalu mengharapkan kapan lagi pelaksanaan KKN Unsultra digelar,” pungkasnya. (ilw/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy