Waspada Pohon Tumbang dan Petir – Kendari Pos
Kolaka

Waspada Pohon Tumbang dan Petir


KENDARIPOS.CO.ID — Anomali cuaca mulai melanda sejumlah daerah di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), termasuk di Kabupaten Kolaka. Dua hari belakangan ini hujan deras yang disertai petir dan angin kencang terjadi setiap sore hari di otorita Bupati, Ahmad Safei tersebut. Cuaca buruk tersebut menyebabkan sejumlah pohon tumbang seperti yang terlihat di jalan Abadi Kelurahan Kolakaasi, Kecamatan Latambaga, Rabu (18/11). Untung saja tak ada rumah warga ataupun pengendara yang tertimpa pohon tumbang tersebut. Meskipun demikian, pohon tumbang yang berada di tepi jalan sempat menimbulkan kemacetan. Personel kepolisian dibantu warga setempat dengan sigap menyingkirkan dan membersihkan pohon tumbang tersebut dari jalan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kolaka, Mustajab, mengungkapkan, cuaca buruk ini bisa saja berlangsung hingga awal tahun 2021. Sebab, di akhir tahun 2020 badai La Nina diprediksi akan melanda sejumlah daerah di Tanah Air, sehingga bisa semakin memperparah kondisi saat ini.
Untuk menghindari terjadinya korban jiwa akibat cuaca buruk, Mustajab meminta kepada warga untuk mengurangi aktivitas di luar rumah saat cuaca buruk terjadi. Sebab, hal itu sangat rawan terjadinya hal-hal yang tak diinginkan.

“Yang rawan terjadi saat ini adalah pohon tumbang. Kami juga meminta agar tidak berada di tanah lapang seperti sawah saat hujan turun karena yang perlu diwaspadai juga sambaran petir. Jika terpaksa harus keluar rumah dan berkendara, maka kami ingatkan untuk berhati-hati,” pesan Mustajab. (c/fad)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy