UMK Kendari Rp 2,76 Juta – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

UMK Kendari Rp 2,76 Juta

KENDARIPOS.CO.ID — Upah Minimum Kota (UMK) Kendari tahun 2021 telah ditetapkan. Namun seperti halnya Upah Minimum Provinsi (UMP) Sultra, UMK Kendari tidak mengalami perubahan. Sesuai hasil rapat dewan pengupahan, UMK tetap sebesar Rp 2,76 juta. Tidak hanya UMK, Upah Minimum Sektoral Kota (UMSK) Kendari tidak mengalami perubahan sebesar Rp 2,99 juta.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Perindustrian Kota Kendari, Benyamin Salempang mengatakan penetapan UMK Kendari merujuk Surat Edaran (SE) Menteri Ketenagakerjaan nomor M/11/HK.04/X/2020 tentang penetapan upah minimun tahun 2021. Yang mana, Pemda diharapkan tidak menaikan UMK mengingat kondisi saat ini masih pandemi Covid-19.

Para tenaga kerja pembangunan konstruksi Bank Indonesia, beberapa waktu lalu, di Jalan Haluoleo, Kendari

“Olehnya itu, kami jadikan acuan dan menetapkan UMK Kendari tahun depan tetap yakni Rp 2.76 juta. Begitupun UMSK sebesar Rp 2,99 juta,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Kendari, Benyamin Salempang, kemarin.

Penetapan UMK dan UMSK tahun 2021, lanjut Benyamin juga telah disepakati oleh dewan pengupahan Kota Kendari yang didalamnya tergabung beberapa serikat pekerja di Kota Kendari diantaranya Asosiasi Pengusana Indonesia (APINDO) Kota Kendari, Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Kendari, dan Serikat Buruh Konstruksi Bangunan Sultra.

“Jadi penetapan ini sudah melalui beberapa silang pendapat antara para pengusaha dan pekerja. Hasilnya win-win solution. Pengusaha tidak diberatkan, begitu juga karyawan. Selain itu, penetapan yang kami lakukan juga berdasarkan kajian yang kami lakukan. Seperti melihat kondisi perekonomian kota Kendari mulai dari tingkat inflasi dan pertumbuhan ekonomi,” tambahnya.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Kendari, perekonomian Kota Kendari cukup baik. Di mana pada Oktober 2020 Kota Kendari mengalami deflasi sebesar 0,48 persen dan pertumbuhan ekonomi pada triwulan III yang tercatat sebesar -1,82 persen.

“Kalau pertumbuhan ekonomi meskipun mengalami kontraksi akan tetapi itu terbilang lebih baik jika dibandingkan dengan triwulan II yang terkoreksi sekitar 6 persen. Jadi ada tumbuh sekitar 4-5 persen. Atas dasar ini juga kita tetap UMK di Kendari tetap,” kata Benyamin.

Ia berharap ditetapkannya UMK tahun 2021 bisa mendorong peningkatan produktivitas pekerja/buruh dan pertumbuhan produksi serta dapat meningkatkan penghasilan dan kesejahteraanya. ” Intinya pemerintah mengeluarkan kebijakan agar bisa mempertahankan daya beli masyarakat juga tidak membebani pengusaha dimasa pandemi Covid-19 saat ini,” kata Benyamin. (b/ags)

Perbandingan UMK Kendari dan UMP Sultra
UMK Kendari 2,76 juta
UMSK Kendari Rp 2,99 juta.

UMP Rp 2,55 Juta
UMP Sektor Pertambangan Rp 2,61 Juta
UMP Sektor Konstruksi Rp 2,69 Juta

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy