Tunaikan Janji Presiden Jokowi, Ali Mazi Serahkan 15 Ribu Sertifikat Tanah Gratis – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Tunaikan Janji Presiden Jokowi, Ali Mazi Serahkan 15 Ribu Sertifikat Tanah Gratis


KENDARIPOS.CO.ID — Presiden RI, Joko Widodo menunaikan janji politiknya untuk memberikan sertipikat gratis tanah masyarakat. Tahun ini, Presiden menyerahkan satu juta sertipikat tanah kepada 31 provinsi, 201 kabupaten dan kota secara simbolis. Penyerahan simbolis sertipikat tanah dari program Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) tahun 2020 ini dilakukan secara virtual oleh Presiden RI, kemarin, termasuk sertipikat untuk masyarakat Sultra.

Gubernur Sultra, Ali Mazi (kiri) menyerahkan sertifikat tanah kepada warga setelah mengikuti penyerahan sertifikat secara simbolis dari Presiden RI, Jokowi secara virtual di Rujab Gubernur Sultra, Senin (9/11) kemarin.

Untuk Sultra, sekira 15 ribu bidang tanah disertipikatkan melalui program PTSL. Gubernur Sultra, Ali Mazi menyerahkan sertifikat 15 ribu secara simbolis kepada masyarakat di 17 kabupaten dan kota. Gubernur menegaskan Pemprov Sultra bersyukur atas perhatian Presiden Jokowi terhadap legalisasi hak (sertipikat) atas tanah masyarakat. Upaya ini untuk memberikan kepastian hak dan dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kita patut berbangga, sejak empat tahun penyerahan sertipikat ini, kita selalu mendapat bagian. Tahun ini, diserahkan sertipikat hak atas tanah kepada masyarakat Provinsi Sultra sejumlah 15.000 bidang yang tersebar di 17 kabupaten dan kota,” ujar Gubernur Sultra, Ali Mazi usai mengikuti acara penyerahan sertipikat secara virtual oleh Presiden RI di Rujab Gubernur Sultra, Senin (9/11) kemarin.

Gubernur Ali Mazi menambahkan penyerahan sertipikat simbolis secara virtual dilaksanakan di enam kantor pertanahan di Provinsi Sultra. Masing-masing 50 bidang untuk Kota Kendari, Kabupaten Kolaka, Kolaka Utara, Muna, Buton Selatan dan Kota Baubau bersama dengan bupati dan wali kota. “Di Kota Kendari dari 500 sertipikat yang diserahkan hari ini akan diserahkan secara simbolis sekira sejumlah 50 bidang di Kelurahan Puwatu dan Kelurahan Lalodati Kecamatan Puwatu,”jelasnya didampingi Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir.

Gubernur Ali Mazi menjelaskan kegiatan PTSL yang dilaksanakan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (BPN) dilaksanakan sejak tahun 2017 dan tahun ini memasuki tahun keempat. Sejak tahun 2017 hingga 2019, Kantor Wilayah BPN Provinsi Sultra dan kantor BPN kabupaten/kota telah menerbitkan sertipikat sebanyak 222.228 bidang. Rinciannya, tahun 2017 sejumlah 79.545 bidang, tahun 2018 sekira 55.414 bidang dan tahun 2019 sebanyak 87.269 bidang.

“Bahkan, untuk tahun 2020 Provinsi Sultra melalui Kantor Wilayah BPN memperoleh alokasi kegiatan PTSL untuk pengukuran peta bidang sejumlah 61.765 dan telah selesai secara keseluruhan. Untuk hak atas tanah atau sertipikat sejumlah 26.644 dan telah diterbitkan sertipikat sejumlah 23.533 bidang,”tuturnya.

Pemprov Sultra mengapresiasi seluruh jajaran Kantor Wilayah BPN Sultra dan kantor pertanahan kabupaten/kota atas kinerja penerbitan sertipikat masyarakat Provinsi Sultra melalui kegiatan PTSL. “Kami berharap dengan penerbitan sertipikat hak atas tanah masyarakat akan dapat meminimalisir adanya sengketa dan konflik, memberikan kepastian hukum dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat untuk memperoleh modal usaha dengan agunan sertipikat yang telah diterbitkan,”pungkas Gubernur Sultra, Ali Mazi. (rah/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy