Totalitas UHO untuk Kemajuan Sultra – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Totalitas UHO untuk Kemajuan Sultra


KENDARIPOS.CO.ID — Universitas Halu Oleo (UHO) tak melulu berkutat mengurus mahasiswa. UHO dalam komando Rektor Prof.Dr. Muhammad Zamrun Firihu S.Si.,M.Si., M.Sc telah mempersembahkan pengabdian tanpa pamrih untuk daerah Provinsi Sulawesi Tenggara. UHO turut berkontribusi membangun Sultra melalui perannya di sektor pendidikan.

Alumni UHO tersebar di seluruh instansi Pemprov Sultra. Beberapa akademisi pilihan diminta Pemprov Sultra mengabdi untuk daerah dan memimpin organisasi perangkat daerah. Pemikiran dan keahlian akademisi UHO kerap diminta pemerintah kabupaten atau kota sebagai dasar perumusan kebijakan pembangunan. Bahkan ada alumni UHO yang menjadi kepala daerah. Sebuah totalitas UHO untuk kemajuan Sultra.

Bagi Rektor UHO Prof.Dr. Muhammad Zamrun Firihu S.Si.,M.Si., M.Sc semua itu merupakan sumbangsih UHO untuk kemajuan daerah. Menurut rektor, sebagai lembaga pendidikan, sudah menjadi kewajiban UHO berkontribusi dalam pembangunan Sultra.

“UHO akan terus berperan dan berada dalam setiap dimensi sejarah pembangunan Sultra. Kemajuan sebuah daerah tidak luput dari kemajuan sistem pendidikannya. Nah, kami akan menyertai kemajuan Sultra dalam peran UHO sebagai lembaga pendidikan melalui bidang akademik,” ujar Prof. Muhammad Zamrun saat bincang pagi di Kendari Pos Channel di Graha Pena Kendari Pos, Selasa (17/11).

Semua sumbangsih itu tak membuat UHO lekas berpuas diri. Prof. Muhammad Zamrun menegaskan komitmen UHO untuk memberikan pelayanan pengembangan daerah yang dampaknya sampai ke wilayah pelosok di Sultra. UHO menyiapkan tenaga ahli di berbagai daerah. “Kami siap membantu dan mengirimkan akademisi. Ini merupakan sebuah langkah kongrit untuk terus berkontribusi memajukan pembangunan Sultra,” ungkapnya.

Langkah nyata implementasi komitmen UHO adalah melakukan penguatan dan peningkatan institusi. Sehingga ke depannya untuk mempersembahkan kontribusi kemajuan Sultra dalam porsi lebih luas bukanlah hal sulit. “Kami mulai dulu dari bawah. Kita menginginkan semua mahasiswa berkuliah dengan nyaman, aman, dilengkapi sarana dan prasarana memadai, dan akreditasi jurusan dengan level A. Untuk itu, penjaminan mutu terus kami tingkatkan dengan mengurangi akreditasi C dan meningkatkan akreditasi B dan membudayakan akreditasi A. Ini akan terus digenjot untuk bisa mencapai akreditasi unggul bagi institusi. Ketika itu terwujud maka akan lebih mudah untuk berkontribusi bagi daerah,” jelas Prof. Muhammad Zamrun.

Rektor mengungkapkan untuk mencapai sebuah kemajuan, peningkatan berbagai macam aspek harus didukung secara maksimal. Karena UHO sebagai pelopor ataupun pemopang kemajuan Sultra, maka meningkatkan mutu akademik mutlak dilakukan. “Pastinya kami terus memberikan perubahan nyata, terutama melalui peningkatan dari segi akademik. Target ke depannya adalah meraih akreditasi A untuk Universitas Halu Oleo,” ungkap Prof. Muhammad Zamrun.

Peningkatan kualitas institusi juga menjadi fokus perhatian Rektor UHO, Prof. Muhammad Zamrun. Mulai tahun depan, UHO akan menerapkan penomoran ijazah nasional. Hal itu sebagai langkah untuk menghindari pembuatan ijazah palsu dan terciptanya lembaga yang jujur dan bersih.
“Sedang kami persiapkan (penomoran ijazah nasional). Semua data mahasiswa akan langsung terinput dipusat, mulai dari SKS yang diprogramkan dan aktivitas akademiknya,” imbuhnya.

Sementara itu, Direktur Utama (Dirut) Kendari Pos, Irwan Zainuddin, menuturkan perguruan tinggi sejatinya memberikan impact besar bagi perubahan sebuah daerah karena dari institusi itu lahir insan pemimpin masa depan. “Sebagai perguruan tinggi terbaik di Sultra, sudah selayaknya UHO menjadi tumpuan harapan masyarakat dalam kaitannya dengan kemajuan Sultra. Dan saya percaya UHO mampu mewujudkan itu. Dengan pencapaian yang telah diraih selama ini, UHO akan memberi perubahan lebih besar lagi di masa mendatang,” ujar Irwan Zainuddin.

Keyakinan Dirut Kendari Pos itu berangkat dari sarana dan prasarana yang dimiliki UHO sudah sangat mumpuni. Ditambah lagi prestasi yang telah diraih dan didukung kualitas SDM yang unggul,maka sudah pasti ke depannya UHO bisa merubah wajah Sultra menjadi lebih baik lagi.

Direktur Kendari Pos, La Ode Diada Nebansi menjelaskan UHO harus bisa menjadi pelopor bagi kemajuan Sultra dari segala aspek. Dengan segudang pencapaian dan SDM berkompeten menjadi faktor mendasar UHO memberikan dampak bagi pembangunan daerah. “Dengan kualitas mumpuni yang dimiliki, sudah sepantasnya UHO berkontribusi nyata bagi daerah. Kami yakin UHO memajukan Sultra,” ujarnya. (ilw/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy