TNI-POLRI Sinergi Mengawal Pilkada Damai – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

TNI-POLRI Sinergi Mengawal Pilkada Damai


KENDARIPOS.CO.ID — Pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak sebentar lagi digelar. Ada tujuh daerah di Sultra menghelat hajatan lima tahunan itu. Pilkada Muna, Buton Utara, Konawe Kepulauan, Konawe Selatan, Konawe Utara, Kolaka Timur, dan Wakatobi. Semakin mendekati hari pemilihan, tensi politik kian tinggi. Gesekan antar pendukung kandidat kerap terjadi. Meski eskalasinya masih terkendali. Namun, jika tidak diantisipasi sejak dini, bisa saja merebak luas.

Melihat situasi ini, sebagai orang yang paham politik, Gubernur Sultra, Ali Mazi meminta semua elemen sinergi dalam mengawal pelaksanaan pilkada supaya tetap damai dan kondusif. Pesan itu disampaikan Ali Mazi saat menghadiri hari ulang tahun (HUT) ke-75 Brimob di Mapolda Sultra, akhir pekan lalu.

“Polri dan TNI punya peran vital dalam menjaga kondusivitas daerah. Dalam momentum pilkada ini, saya mengajak kita semua untuk bersinergi supaya hajatan demokrasi ini bisa terlaksana dengan baik. Begitu pula kepada paslon, pendukung, penyelenggara supaya menjaga pilkada tetap kondusif,” harap Ali Mazi.

Suami Agista Ariany ini menilai, salah satu pilar penting dalam mendukung terciptanya kondusivitas daerah adanya hadirnya Brimob di masyarakat. Makanya, dalam momentum istimewa HUT Brimob ke-75, dirinya berharap Brimob semakin kuat, tangguh, dan profesional dalam melaksanakan tugas-tugasnya, mewujudkan situasi keamanan dalam negeri, khususnya di Sultra.

“Saya menaruh harapan besar kepada Brimob, khususnya di lingkup Polda Sultra. Bisa terus eksis menjadi mitra strategis pemerintah daerah dan institusi lainnya. Terutama dalam melindungi dan memberikan rasa aman kepada seluruh warga di seluruh pelosok daerah Sultra,” ujarnya. Bahkan, mantan Ketua Golkar Sultra ini berkeyakinan, peningkatan peran dan fungsi Brimob Polda Sultra dapat memberi energi dan kontribusi positif dalam mendorong percepatan pembangunan daerah, demi terwujudnya Sultra aman, maju, sejahtera, dan bermartabat.

“Berkenaan dengan HUTke-75 Korps Brimob Polri, secara khusus saya mengajak jajaran Brimob Polda Sultra, supaya menjadikan momentum ini sebagai inspirasi penguatan semangat dan komitmen untuk meningkatkan kinerja,” harapnya. Ali Mazi juga mengungkapkan kebanggaannya atas kiprah Brimob Polda Sultra selama ini.

“Upaya ini mereka tunjukkan melalui sinergi dengan TNI dan pihak terkait lainnya. Selain itu, dengan dukungan masyarakat, Brimob sukses dalam melaksanakan kebijakan dan program di bidang keamanan dan ketertiban masyarakat,” jelasnya. Menurut Ali Mazi, Brimob Polda Sultra juga mampu memposisikan diri sebagai salah satu unit kerja di lingkup Polda Sultra yang mengambil peran-peran sosial secara aktif dan responsif.

Utamanya dalam penanganan korban bencana alam dan non-alam. Serta terlibat langsung dalam penanganan konflik sosial di wilayah Sultra. Gubernur menegaskan, Pemprov Sultra berkomitmen untuk selalu mendukung berbagai langkah jajaran Brimob Polda Sultra dalam rangka meningkatkan kualitas kinerja. Ini demi memaksimalkan pelaksanaan berbagai peran strategis di daerah ini.

Sementara itu, Kapolda Sultra, Irjen Pol Drs. Yan Sultra Indrajaya mengatakan, di mana pun bertugas, Brimob untuk Indonesia. Ia berpesan Personel Brimob harus terus bekerja baik, tidak terlena dengan apa yang sudah diraih sekarang. Segala prestasi yang ditorehkan Brimob Polda Sultra, menjadi motivasi untuk mempertebal semangat pengabdian kepada masyarakat.

“Tetap semangat, kompak, disiplin, dan tidak cepat puas. Seluruh jajaran Kepolisian Daerah Sultra, tidak boleh cepat puas dengan pencapaian yang telah diraih. Justru sebaliknya, menjadi modal untuk berbuat yang terbaik khususnya dalam meraih kepercayaan masyarakat,” harapnya.

Jenderal bintang dua ini juga berpesan, supaya Brimob selalu menjaga kualitas dan kemampuan. Mengingat, selalu ada tantangan yang menjadi bagian dari tugas Brimob. Seperti penanganan kelompok terorisme maupun kelompok kriminal bersenjata (KKB), penanganan konflik sosial, maupun gangguan Kamtibmas lain yang memerlukan kehadiran pasukan Brimob Polri. “Solidaritas dan loyalitas Brimob patut dibanggakan. Saya bangga dan mengapresiasi, Brimob selalu berdedikasi untuk Indonesia, khususnya Sultra. Harus menjadi perhatian kita bersama, jangan ada oknum yang merusak citra positif Brimob,” tegasnya.

Pada kesempatan itu, Kapolda memberikan piagam penghargaan kepada tiga personel Brimob yang berprestasi. Ketiga personel tersebut yakni Ps Kanit Opsnal Seksi Intel Satbrimob Polda Sultra Aiptu Alimuddin Latif, SH atas prestasinya berhasil melumpuhkan orang tak dikenal, yang diduga akan melaksanakan aksi terorisme di Mako Brimobda Sultra beberapa bulan lalu.

Personel lain yang dapat penghargaan adalah Aiptu Untung Triwidakdo, Ps Pasimin Den Gegana dan Aiptu Ridwan, Ps Paursubbagdalops Bagops Satbrimob. Keduanya berprestasi dalam pelaksanaan tugas yang mengakibatkan personel mengalami luka berat akibat lemparan batu, pada aksi unjuk rasa anarkis terkait dengan penghinaan salah satu suku di Kota Kendari.

Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Sultra, Kombes Pol Adarma Sinaga mengatakan, Brimob untuk Indonesia sejatinya mengingatkan bahwa setiap insan Brimob adalah satu almamater dan tidak boleh terkotak-kotak di masing-masing daerah. “Brimob yang ada di seluruh daerah di Indonesia adalah satu rahim dan sudah menjadi kewajiban untuk saling support satu sama lain,” tegasnya.

Dia meminta seluruh anggota Brimob Polda Sultra untuk selalu bahagia. Karena, dari bahagia timbul semangat. Sebab, semangat itulah yang membuat tugas-tugas ditunaikan secara baik dan profesional, bekerja untuk satuan, bekerja untuk melayani masyarakat. “Siklus ini yang harus ditanamkan setiap personel Brimob. Tetap disiplin, jaga kekompakkan, pantang menyerah. Ingat pesan pendahulu kita, loyalitas tanpa batas,” pungkas Kombes Pol Adarma Sinaga. (b/m2/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy