Tingkatkan Derajat Kesehatan, Pemkab Buteng Siapkan Fasilitas Memadai – Kendari Pos
Buton Tengah

Tingkatkan Derajat Kesehatan, Pemkab Buteng Siapkan Fasilitas Memadai


KENDARIPOS.CO.ID — Kepala daerah pekerja keras sudah mengakar dalam diri Bupati Buton Tengah, Samahuddin. Tak kenal lelah dan kerap turun blusukan ke masyarakat menjadi ciri khas Samahuddin. Mendengarkan langsung aspirasi warga adalah cara Samahuddin membangun daerah. Aspirasi yang diserapnya diakomodir dan direalisasikan dalam pembangunan.

Bupati Buteng, Samahuddin (kiri) memantau pembangunan gedung Puskesmas Wakambangura di Kecamatan Mawasangka.

Meski di tengah terpaan badai bernama Covid-19 dan refocusing anggaran penanganan Covid-19 tak menyurutkan semangat Samahuddin membangun. Bukan hanya infrastruktur jalan dipolesnya dan membangun kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Samahuddin juga memastikan peningkatan ekowisata berjalan optimal serta memastikan masyarakat Buteng mendapat pelayanan kesehatan memadai pun dilakoni seorang Samahuddin.

Pembangunan sumber daya manusia dari aspek peningkatan derajat kesehatan dilakukan Bupati Samahuddin dengan penyediaan fasilitas kesehatan yang memadai. Terbaru, Samuddin melalui kebijakannya telah menginstruksikan dinas terkait untuk membangun gedung isolasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Buteng, dan renovasi UPTD Puskemas Wakambangura. “Dua gedung pelayanan kesehatan ini masih sedang kita kerjakan. Dan akan selesai tahun 2020 ini,” ujar Bupati Buteng Samahuddin kepada Kendari Pos, Kamis (19/11).

Bagi Samahuddin, peningkatan pelayanan kesehatan untuk masyarakat Buteng mutlak dilakukan. Bukan saja semata-mata untuk mencegah penyebaran Covid-19. “Pembangunan gedung isolasi ini kita rencanakan untuk pasien Covid-19. Tetapi nantinya ruang isolasi ini bisa digunakan untuk pelayanan kesehatan lainnya. Sedangkan renovasi Puskesmas Wakambangura untuk menjamin kenyamanan masyarakat dalam pelayanan dan perawatan,” jelasnya.

Anggaran peningkatan fasilitas kesehatan itu bersumber dari APBD Buteng tahun 2020. Sekira Rp. 1,7 miliar untuk renovasi gedung puskesmas dan sekira Rp 7 miliar untuk pembangunan gedung isolasi di RSUD Buteng. “Dari dua item kegiatan itu maka membutuhkan total anggaran sekira Rp. 8,7 miliar yang bersumber dari APBD Buteng,” ucap Samahuddin.

Politis PDIP itu berharap seiring peningkatan fasilitas kesehatan, maka derajat dan pelayanan kesehatan masyarakat Buteng ikut meningkat. Fasilitas kesehatan itu didedikasikan untuk kenyamanan masyarakat dalam menjalani perawatan. “Semua ini kami persembahkan untuk peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” ungkap Samahuddin.

Bupati pertama pilihan rakyat Buteng itu berkomitmen akan terus membangun fasilitas kesehatan hingga ke wilayah pelosok Buteng. Tahun depan, semua Puskesmas di Buteng mesti dibenahi dan direnovasi. “Semoga tak ada halangan. Pembenahan puskemas akan kita lakukan di tujuh kecamatan agar pelayanan kesehatan bisa merata di seluruh pelosok Buteng,” tutup Samahuddin. (rud/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy