Syaifullah Halik Resmi Jabat Ketua DPRD Kolaka


KENDARIPOS.CO.ID — Syaifullah Halik resmi menduduki kursi pimpinan tertinggi di Parlemen Kolaka. Ia menggantikan koleganya dari Partai Gerindra, Sainal Amrin. Penetapan Syaifullah sebagai unsur pimpinan legislatif dilakukan melalui sidang paripurna peresmian pemberhentian dan pengucapan sumpah/janji pengganti antar waktu Ketua DPRD Kolaka yang digelar, Jumat (13/11) dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri Kolaka, Irwan Munir.

Suasana pelantikan Syaifullah Halik sebagai Ketua DPRD Kolaka yang digelar, kemarin. Ia menggantikan koleganya sesama dari Partai Gerindra, Sainal Amrin.

Ditemui seusai pelantikan, Syaifullah mengatakan, pergantian pimpinan DPRD di Partai Gerindra bukan hal baru. Sebab hal serupa telah banyak terjadi di daerah lain. Ia berharap polemik pergantian Ketua DPRD Kolaka tidak terus berlanjut.
“Jangan terlalu berlama-lama dipolemikkan persoalan ini. Mari kita sama-sama bekerja untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Kolaka,” serunya.

Terkait hubungannya dengan Sainal Amrin, Syaifullah menegaskan bahwa semua masih berlangsung baik. “Sampai saat ini saya masih berkomunikasi dengan beliau (Sainal Amrin, red). Saya akan tetap hormat kepada beliau sebagai senior ataupun orang tua. Saya akan tetap meminta pandangan-pandangan beliau,” bijaknya.
Bupati Kolaka, H. Ahmad Safei dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada Syaifullah Halik yang telah ditetapkan sebagai Ketua DPRD. Kata dia, DPRD berkedudukan sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah. Hubungan antara pemerintah daerah dan DPRD, setara dan bersifat kemitraan.

“Hubungan kemitraan yang saya maksud adalah pemerintah daerah dan DPRD adalah sama-sama bermitra kerja dalam membuat kebijakan untuk melaksanakan otonomi daerah sesuai dengan fungsi masing-masing. Kami berharap, agar ke depan kedua lembaga ini bisa membangun hubungan kerja yang semakin sinergi, saling mendukung, serasi, dan seirama,” harapnya.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Gerindra Sultra, Andi Ady Aksar yang menghadiri acara pelantikan tersebut meminta Ketua DPRD Kolaka yang baru agar memperioritaskan kepentingan rakyat. “Alasan kami memililih Syaifullah Halik karena ia dianggap mampu untuk menyerap aspirasi masyarakat. Semua kader Gerindra kami minta untuk wajib memperhatikan kepentingan rakyat,” pesannya.
Rapat paripurna yang digelar sesuai protokol kesehatan tersebut disaksikan sejumlah Forkopimda, pimpinan Parpol, dan undangan lainnya. Sainal Amrin tak terlihat pada acara tersebut. (b/fad)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *