SMAS Kartika Kendari Juara Lomba Pidato, Hari Ini Lomba Tari Kreasi Daerah – Kendari Pos
Nasional

SMAS Kartika Kendari Juara Lomba Pidato, Hari Ini Lomba Tari Kreasi Daerah


KENDARIPOS.CO.ID — Penampilan Adinda Salsabila, siswi SMAS Kartika Kendari memukau dewan juri pagelaran seni budaya yang digelar Kendari Pos dan Dinas Dikbud Sultra. Siswi kelas XI itu berlaga di lomba pidato bahasa daerah dan sukses mengoleksi nilai tertinggi 1.019 poin sehingga dinobatkan menjadi juara I.

Siswa SMAS Kartika Kendari Adinda Salsabila (dua dari kiri) meraih juara I lomba pidato bahasa daerah didampingi para guru pembimbing dan juri lomba pidato bahasa daerah Gebyar Pagelaran Seni Budaya, Asmuddin (dua dari kanan) di aula Graha Pena Kendari Pos, Selasa (24/11) kemarin.

Adinda mengaku bersyukur dinobatkan sebagai pemenang oleh panitia. Menurutnya, capaian yang didapatkan tak lepas pendampingan dan dukungan para guru dan kepala SMAS Kartika Kendari.
“Alhamdulillah saya berhasil jadi juara. Semua berkat guru pembimbing yang berupaya keras memberikan arahan dan motivasi agar bisa tampil maksimal. Dukungan kepala sekolah juga jadi pemacu semangat saya untuk memenangkan lomba,” kata Adinda usai lomba di Graha Pena Kendari Pos, Selasa (24/11) kemarin.

Juri Lomba Pidato Bahasa Daerah, Asmuddin menilai, Adinda layak menjadi pemenang setelah memenuhi seluruh kriteria yang ditetapkan seperti sistematika pidato yang pembuka, isi dan penutup, kemudian, artikulasi (pelafalan), irama (intonasi), improvisasi (ekspresi). “Adinda memenuhi seluruh kriteria. Yang terpenting dia sukses mengutamakan berbahasa daerah dalam pidatonya, kendati tidak dihapalkan teksnya. Kalau dihafal lagi lebih bagus,” kata Asmuddin.

Terpisah, Kepala SMAS Kartika Kendari, La Ode Suaib menyambut baik capaian yang diraih anak didiknya dalam ajang pagelaran seni budaya ke-IV ini. Menurutnya, capaian itu tak lepas dari kerja keras siswa dan guru pembimbing yang terus berlatih disela waktu luang sekolah. “Kebetulan disekolah kami ada bimbingan khusus bahasa daerah. Hal ini penting dalam rangka memotivasi siswa agar mencintai suku dan budayanya. Dan Alhamdulillah membuahkan hasil,” kata Suaib.

Suaib berharap, pagelaran seni budaya bisa dilaksanakan setiap tahun, sehingga bisa menjadi penyeimbang dikehidupan generasi milenial yang hidup ditengan kemajuan teknologi saat ini. “Dengan mengenalkan budaya, saya harap mereka bisa lebih daerahnya, budayanya dan bangsanya, Bangsa Indonesia,” kata Suaib.

Selain Adinda, beberapa siswa lain juga ditetapkan sebagai pemenang dalam lomba pidato bahasa daerah kali ini. Seperti juara II diraih Jefri siswa Madrasah Aliyah Pesri Kendari dengan torehan 1.007 poin, juara III Muh. Syawal Putra dari SMAN 8 Kendari 992 poin, juara harapan I Anisya Septia SMAN 1 Kendari 980 poin, juara harapan II Al Farhan SMAN 10 Kendari 976 poin dan juara harapan III Jessica Aprilla dari SMAN 7 Kendari dengan torehan 951 poin.

Terpisah, Manager Event Organizer Kendari Pos, Nursyamsi Abidin mengatakan besok (hari ini) akan gelar lomba tari kreasi daerah mulai pukul 09.00 wita. Nursyamsi memastikan prokes pencegahan covid-19 diterapkan secara ketat agar seluruh peserta lomba bisa terjaga dan aman dari penularan wabah tersebut. “Peserta dan pendamping wajib memakai masker, mencuci tangan atau memakai hand sanitizer dan wajib menjaga jarak. Kita sudah atur tempatnya agar tidak terjadi kerumunan,” kata Nursyamsi.

Antusias sekolah-sekolah cukup tinggi untuk berpartisipasi. Mengingat masih dalam kondisi pandemi Covid-19, terpaksa panitia membatasi hingga 12 sekolah saja. Berbeda dari tahun sebelumnya yang melibatkan perwakilan sekolah dari luar Kota Kendari. “Pandemi Covid-19 berdampak pada jumlah peserta pagelaran seni budaya tahun ini. Kita batasi pesertanya demi menjaga kesehatan dan keselamatan peserta. Meski begitu saya pastikan nilai-nilai budaya Sultra dalam pagelaran ini bisa tersaji karena sudah terwakilkan dari masing-masing siswa di sekolah tersebut,” kata Nursyamsi.

Hari ini, Rabu (25/11) lomba tari kreasi daerah bakal digelar. Bakal diikuti peserta dari 12 sekolah yakni SMAN 1 Kendari, SMAN 2 Kendari, SMAN 3 Kendari, SMAN 4 Kendari, SMAN 6 Kendari, dan SMAN 8 Kendari. Selain itu, SMAN 9 Kendari, SMAN 10 Kendari, SMAS Kartika Kendari, SMKN 1 Kendari, SMKN 4 Kendari dan Pesantren Ummusshabri (Pesri) Aliyah Kendari. (ags/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy