Serapan Anggaran 67 Persen, Tim Percepatan Dibentuk – Kendari Pos
Bombana

Serapan Anggaran 67 Persen, Tim Percepatan Dibentuk


KENDARIPOS.CO.ID — Realisasi serapan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Kabupaten Bombana hingga jelang akhir tahun 2020 ini, baru mencapai 67 persen. Kondisi tersebut diungkapkan Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Bombana, Darwin Ismail. “Penyerapan anggaran kita sejauh ini masih cukup rendah. Ini disebabkan ada beberapa satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang penyerapan anggarannya masih di bawah 50 persen,” ungkapnya, Senin (16/11).

Darwin Ismail

Ia menjelaskan, penyerapan anggaran tahun 2020 ini, terbagi dalam tiga zona, hijau, kuning dan merah. Masing-masing zona ini merepresentatifkan penyerapan anggaran di setiap SKPD.
“Saat ini ada lima SKPD yang penyerapan anggarannya berada pada zona merah, seperti Dinas Kesehatan dan Dinas Pariwisata. Sedangkan untuk SKPD yang penyerapan anggaran cukup tinggi adalah Dinas Perumahan dan Pemukiman dengan angka di atas 90 persen, sekaligus berada pada zona hijau,” sebutnya.

Untuk mempercepat penyerapan anggaran sebelum tahun 2020 berakhir, Pemkab telah membentuk Tim Percepatan Gabungan antara Inspektorat, Polri hingga Kejari. Harapannya, tim ini nantinya dapat melihat kendala-kendala apa saja yang dialami, khususnya pada SKPD yang berada di zona merah dengan penyerapan anggaran paling rendah. “Tim ini sudah terbentuk dan jika tak ada aral melintang, Insyaallah mereka akan segera turun melakukan pengecekan di lapangan,” jelas Darwin Ismail.

Kendati demikian, proyeksi penyerapan anggaran tahun 2020 di lingkup Pemkab Bombana diyakini bisa mengalami perbaikan. Terlebih jika tim percepatan yang sudah dibentuk telah bekerja. “Ini kan masih ada waktu kurang lebih satu bulan lagi, mudah-mudahan di waktu yang tersisa ini, penyerapan anggaran, khususnya pada SKPD yang berada di zona merah bisa meningkat,” tutupnya. (b/idh)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy