Sambangi Mandonga, Sulkarnain Bagikan Bansos – Kendari Pos
Metro Kendari

Sambangi Mandonga, Sulkarnain Bagikan Bansos

KENDARIPOS.CO.ID — Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir terus bersafari menyambangi warganya yang terdampak Covid-19. Teranyar, dia menyambangi para lansia di Kelurahan Mandonga. Tak hanya untuk bertegur sapa, Sulkarnain menyerahkan bantuan sembako dan uang tunai kepada sekira 32 lansia.

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir (baju putih) menyerahkan bantuan sembako dan uang tunai kepada para lansia di Kelurahan Mandonga, kemarin.

Menurutnya, upaya yang dilakukan adalah bagian dari bentuk kepedulian Pemerintah Kota Kendari terhadap masyarakat yang terdampak Covid-19. “Pandemi ini (Covid-19), benar-benar menjadi ujian yang berat bagi pemerintah dan masyarakat. Terlebih bagi mereka yang kehilangan pekerjaan bahkan bagi orang tua kita yang memang sudah tidak mampu bekerja. Olehnya itu, kita tergerak untuk memberikan bantuan sekaligus menjalankan tugas dan tanggungjawab sebagai pemerintah,” kata Sulkarnain.

Bantuan yang disalurkan berasal kata dia, tidak hanya dari Pemkot namun juga dari Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) aparatur sipil negara (ASN) lingkup Pemkot Kendari yang dihimpun Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Kendari. “Meski jumlahnya tidak banyak, saya harap bantuan ini setidaknya bisa memenuhi kebutuhan hidup para lansia, sembari menunggu alternatif penanganan. Yang jelasnya, di tengah pandemi Covid-19 ini, pemerintah akan selalu bersama rakyat,” kata Sulkarnain.

“Dua tahun terakhir juga saya telah menghimbau kepada ASN Kota Kendari untuk menunaikan zakatnya melalui Baznas. Alasannya agar seluruh penghasilan dari pegawai dapat diterima dalam keadaan bersih. Selain itu, jika di kelola oleh Baznas jauh lebih luas manfaatnya serta di pastikan semua akan tersalur,” tambahnya.

Ia pun berkomitmen akan terus berupaya mendorong ASN Pemkot Kendari untuk melaksanakan zakatnya melalui Baznas. Bukan hanya ASN, masyarakat yang berpenghasilan lebih diminta untuk sekiranya bisa menyisihkan rejekinya ke Baznas Kendari. Dalam pendistribusian ZIS, tidak hanya untuk kebutuhan konsumtif masyarakat. Melainkan bisa diwujudkan dalam bentuk bantuan modal kerja dan modal usaha. “Kalau bisa sebagian dalam bentuk produktif ,” ujarnya.

Terpisah Ketua Baznas Kota Kendari, H. Alimudin siap menindaklanjuti instruksi Wali Kota Kendari agar menghimpun dan mengelola ZIS dengan profesional hingga penyalurannya yang lebih merata serta menyentuh sektor usaha produktif masyarakat. Tahun ini, pihaknya telah memberikan bantuan modal kepada para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM).

“Sampai hari ini, kami telah memberi bantuan sebanyak 136 orang, dengan jumlah dana Rp 174 juta. Sementara untuk tahun 2021 Baznas telah memprogramkan pemberian bantuan kepada 356 orang pelaku usaha dengan dana Rp 400 juta,” ungkapnya.

Untuk bantuan fakir miskin lanjut dia, Baznas telah memberi bantuan kepada sebanyak 1.897 orang dengan dana yang terdistribusikan sebesar Rp 437.400.000. Itu sudah termasuk bantuan pendidikan, kesehatan, keagamaan dan dakwa serta kegiatan – kegiatan fisabilillah. “Baznas telah mengeluarkan kurang lebih Rp 250 juta ditambah kegiatan- kegiatan lain yang sifatnya insidentil tanpa mengikat, sehingga total Dana yang di keluarkan sampai saat ini mencapai Rp 1 miliar lebih,” ungkap Alimudin. (b/ags)

Penyaluran ZIS
Penerima Besaran Bantuan
136 Orang Rp 174 Juta
356 Pelaku Usaha Rp 400 Juta
1.897 Fakir Miskin Rp 437,4 Juta
Kegiatan Insidentil Rp 250 Juta

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy