Rusman Siapkan Program Pemberdayaan Petani – Kendari Pos
Politik

Rusman Siapkan Program Pemberdayaan Petani

KENDARIPOS.CO.ID — Calon Bupati Muna LM. Rusman Emba berkomitmen meningkatkan pemberdayaan petani jika terpilih periode kedua. Ia menyiapkan program pendirian korporasi petani sebagai langkah menguatkan kelembagaan ekonomi pekerja di sektor hasil bumi tersebut.

LM. Rusman Emba

Petahana itu menilai, sektor pertanian merupakan penyumbang penopang ekonomi daerah yang paling dominan. Sektor itu juga digeluti oleh sebagian besar masyarakat Muna. Sejak 2016 lalu, dirinya telah fokus mengembangkan pertanian daerah dengan beberapa komoditas unggulan seperti jagung kuning, jambu mete maupun kelor.

“Saat Covid-19 melanda, pertanian terbukti menjadi sektor yang tetap bisa tumbuh. Artinya, ekonomi masyarakat bisa semakin kuat dengan pertanian,” jelasnya. Rusman menyebut jika programnya itu akan menjadikan petani sebagai tulang punggung utama dalam rantai ekonomi di sektor itu. Korporasi petani didirikan dalam bentuk perseroan terbatas, persekutuan komanditer ataupun usaha dagang.

Nantinya, korporasi itu akan dikelola dengan manajemen profesional yang sumber daya manusianya diisi oleh petani langsung dengan dibantu para sarjana dan tenaga terampil lain. “Petani akan mengelola sendiri perusahaanya. Lewat korporasi ini, dari masa tanam, bibit sampai pemasaran akan dikelola dengan manajemen profesional,” jelas mantan ketua DPRD Sultra itu.

Rusman menerangkan, program tersebut diproyeksikan menjadi penopang ekonomi kerakyatan. Pemerintah daerah akan berperan menyiapkan regulasi, membantu legalisasi korporasi petani dan mencarikan mitra dan jaringan dengan investor.

Saat ini pun, mantan anggota DPD RI itu mengaku sudah berhasil melobi beberapa perusahaan besar untuk menanamkan modalnya di sektor pertanian Muna. “Sudah memorandum of understanding. Salah satu konkretnya nanti akan dibangun pabrik jagung kuning di Kabangka. Hanya akibat pandemi saja, makanya tertuda. Tahun depan akan kita mulai kembali,” imbuhnya. (ode/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy