Rp 28 Miliar DAK Bangun Infrastruktur – Kendari Pos
Buton Utara

Rp 28 Miliar DAK Bangun Infrastruktur


KENDARIPOS.CO.ID — Upaya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Buton Utara (Butur) dalam mendapatkan kucuran dana alokasi khusus (DAK), membuahkan hasil. Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dipimpin Wawan Wardaya itu sukses meyakinkan Pemerintah Pusat jika Butur membutuhkan suntikan dana besar untuk menopang pembangunan infrastruktur jalan, jembatan dan sektor lain selama ini dikeluhkan masyarakat di daerah berjuluk Lipu Tinadeakono Sara. Diketahui, masih banyak jalan belum tersentuh pengaspalan yang kondisinya rusak parah dan jembatan kayu nyaris roboh.

“Pembagian DAK untuk pembangunan infrastruktur tahun 2021 telah ditetapkan dan Butur mendapatkan suntikan dana APBN sebesar Rp 28 miliar untuk membiayai kegiatan di bidang Bina Marga, Cipta Karya dan Sumber Daya Air. Adanya, alokasi anggaran dikucurkan Pemerintah Pusat sangat membantu menuntaskan secara bertahap problem pembangunan infrastruktur di Butur,” ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Butur, Wawan Wardaya saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (18/11).

Wawan Wardaya

Ia mengungkapkan, pembangunan infrastruktur salah satu tonggak utama dalam kemajuan suatu daerah, karena diharapkan mampu mendukung segala bentuk aktivitas masyarakat di berbagai sektor kehidupan seperti perekonomian, pariwisata, pertanian, industri dan lainnya. Namun terbatasnya anggaran yang dimiliki daerah menghambat pembangunan infrastruktur tersebut. “Olehnya itu, dalam rangka mendukung pengembangan potensi yang dimiliki daerah melalui pembangunan infrastruktur, maka Pemerintah Pusat memberikan dana dengan skema yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia Nomor: 21/PRT/M/2017 tentang Petunjuk Operasional Penyelenggaraan Dana Alokasi Khusus Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat,” jelasnya.

Mantan Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Butur itu menambahkan, DAK dialokasikan kepada daerah tertentu dengan tujuan untuk membantu mendanai skala prioritas nasional. Khususnya kebutuhan prasarana dan sarana infrastruktur masyarakat yang belum mencapai standar pelayanan minimal untuk mendorong percepatan pembangunan daerah. “Dana alokasi khusus akan dimanfaatkan untuk membenahi infrastruktur bidang irigasi, jalan, air minum, sanitasi, serta perumahan dan permukiman,” tandas Wawan Wardaya. (c/had)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy