Proyek Kolosal Menopang Ekonomi di Sultra – Kendari Pos
Nasional

Proyek Kolosal Menopang Ekonomi di Sultra


KENDARIPOS.CO.ID — Mega proyek yang diinisiasi Gubernur Sultra Ali Mazi diyakini akan meretas ketimpangan sosial dan kemiskinan. Jalan pariwisata Kendari-Toronipa akan melancarkan distribusi barang dan jasa, sekaligus menopang ekonomi masyarakat dari aspek wisata. Karena terkoneksi dengan pariwisata unggulan Sultra lainnya, seperti Labengki (Konut) dan Wakatobi.

Begitu pula pembangunan perpustakaan modern bertaraf internasional. Melalui perpustakaan itu, budaya literasi akan tumbuh. Literasi tidak hanya berpengaruh pada memberdayakan masyarakat dan meningkatkan kualitas hidup. Tetapi berdampak pada peningkatan perekonomian dan kesejahteraan, baik individu, keluarga dan masyarakat. Mega proyek itu bersifat kolosal. Bukan hanya kolosal dari aspek konstruksi dan anggaran namun juga nilai manfaatnya.

Ketua DPD RI, AA Lanyalla Mahmud Mattalitti mengatakan pemerintah daerah harus mampu membuat proyek-proyek kolosal yang berorientasi sebagai pengungkit ekonomi masyarakat. Sehingga masyarakat dapat merasakan manfaatnya. “Oleh karena itu, dalam setiap kunjungan ke daerah, saya selalu minta pemerintah daerah menginisiasi program-program yang dapat menjadi pengungkit ekonomi di suatu daerah,” ujarnya saat ramah tamah DPD RI dan Pemprov Sultra di Rujab Gubernur Sultra, Kamis (19/11) malam.

Lanyalla Mattalitti menambahkan dalam beberapa studi terbaru, kepemimpinan daerah di masa depan, diukur dengan indikator partisipatoris publik. Artinya, masalah tidak hanya diselesaikan oleh pemerintah daerah. “Tetapi warga ikut terlibat dalam menyesaikan masalah. Tetapi hal itu saja tentu tidak cukup untuk menjawab persoalan mendasar. Yakni ketimpangan sosial dan kemiskinan,” ungkapnya.

DPD RI sebagai wakil daerah tentu memiliki tanggung jawab untuk ikut berperan aktif membantu pemerintah daerah dalam mewujudkan hal itu. Apalagi di Sulawesi Tenggara, ada empat senator yang memiliki tipikal pekerja keras dan memiliki komitmen yang tinggi terhadap daerah. “Karena itu saya akan minta mereka menyampaikan pikiran-pikirannya,” tegas Ketua DPD RI, Lanyalla Mattalitti. (rah/ali/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy