Progres Sudah 93 Persen, Perpustakaan Internasional Segera Rampung – Kendari Pos
Nasional

Progres Sudah 93 Persen, Perpustakaan Internasional Segera Rampung


KENDARIPOS.CO.ID — Gubernur Sultra Ali Mazi terus bergerak mewujudkan strategi pembangunannya yang tertuang dalam gerakan pembangunan terpadu wilayah daratan dan lautan (Garbarata). Konsep Garbarata bertumpu pada pusat pertumbuhan yang bertujuan mengakselerasikan pembangunan dengan bersinergi pada seluruh potensi SDM secara optimal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Salah satu implementasinya Garbarata adalah pembangunan jalan wisata Kendari-Toronipa, RS jantung dan perpustakaan modern. Progres tiga mega proyek itu berjalan sesuai target. Khusus pembangunan perpustakaan bertaraf internasional karya Gubernur Sultra Ali Mazi, tak lama lagi rampung. Gedung berkontruksi tujuh lantai itu akan segera dinikmati manfaatnya oleh masyarakat. Perpustakaan ini didesain senyaman perpustakaan internasional yang ada di Harvard University dan Boston University. Saat ini, bangunan megah itu telah mencapai progres 93 persen.

Kepala Dinas Cipta Karya, Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sultra, Pahri Yamsul memastikan gedung perpustakaan segera rampung. Progres pembangunan perpustakaan saat ini sudah mendekati tahap akhir. “Progresnya sudah mencapai sekira 93 persen.Saat ini sudah memasuki tahap finishing. Kubah sudah terpasang dan sedang finishing. Yang lain pun seperti itu yakni lantai, plafon, dan mekanikal elektrikal. Kita target gedung ini rampung Desember nanti,” ujarnya kepada Kendari Pos, Senin (9/11) kemarin.

Soal urusan interior, Pahri Yamsul mengatakan bukan domain dinasnya. Urusan interior ditangani intansi lain. “Jadi kita memang hanya membangun gedungnya saja. Setelah itu, untuk interior akan diserahkan ke Dinas Perpustakaan,”ungkap Pahri Yamsul.

Progres pekerjaan pembangunan perpustakaan yang begitu memuaskan menurut Pahri, tak lepas dari motivasi dan arahan Gubernur Sultra, Ali Mazi. Kerja cepat dan tepat yang diamanahkan Gubernur Sultra, Ali Mazi menjadi patokan percepatan kerja yang dilakukan Dinas Cipta Karya, Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sultra. Menurut Pahri, proyek-proyek strategis yang digagas Gubernur Sultra harus dikerjakan lebih cepat, tepat dan terarah. “Kalau kerja cepat, memang kami sudah bekerja lebih cepat. Walaupun di tengah pandemi Covid-19, kita tetap bisa selesaikan mega proyek ini,” tutur Pahri Yamsul.

Menurut Pahri, progres pembangunan di Sultra lebih maju ketimbang provinsi lain selama pandemi. Di daerah lain, banyak pekerjaan yang terhenti akibat pandemi Covid-19. “Kinerja memang tak memandang pandemi atau tidak, tapi bagaimana kita terus mengoptimalkan kerja-kerja kita. Sebab yang kita hadapi ini merupakan proyek strategis. Karena ini proyek strategis, maka kita juga harus punya kiat-kiat sendiri untuk menyukseskan itu walau dalam kondisi Covid-19. Kiat itu, pertama, tim teknis kita simpan lebih banyak dan ada beberapa engineer yang awasi ,”jelas Pahri.

Kedua, Dinas Cipta Karya, Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sultra selalu berkomunikasi dengan kontraktor atau rekanan agar pekerjaan pembangunan perpustakaan tidak berhenti walaupun ada pandemi. Bahkan sudah banyak solusi yang digunakan. “Ketiga, kita juga bantu para kontraktor dan pekerja secara teknis, bagaimana mengatasi masalah. Jadi seperti itu langkah-langkah kita. Yang pasti jam kerja dan tenaga kerja ditambah,”pungkas Pahri. (rah/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy