Prof. Dr. H. Abdullah Alhadzah: Dukung Pelaksanaan Sekolah Tatap Muka – Kendari Pos
Edukasi

Prof. Dr. H. Abdullah Alhadzah: Dukung Pelaksanaan Sekolah Tatap Muka

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari tengah merancang untuk melaksanakan Proses Balajar Mengajar (PBM) tatap muka di Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada tahun ajaran baru 2020/2021. Rencana ini pun direspon Pakar Pendidikan Sultra, Prof. Dr. H. Abdullah Alhadzah, kemarin.

Kata dia, sistem pembelajaran dalam jaringan (Daring) dan luar jaringan (Luring) yang diterapkan di tengah pandemi Covid, belum optimal. Karenanya rancangan Pemkot Kendari

Covid-19, memang sistem pembelajaran dilakukan secara daring dan luring, namun metode ini tidak terlalu efektif dalam memperlancar sistem belajar. Rancangan Pemkot yang akan memberlakukan PBM tatap muka sangat tepat untuk membuka kembali kemajuan dunia pendidikan.

“Saya sangat mendukung sekali pemerintah kota akan membuka kembali sekolah, karena tidak bisa dipungkiri sistem pembelajaran tatap muka, jauh lebih efektif dari pada daring. Dalam proses PBM tatap muka itu banyak manfaat yang didapat, mulai dari pembentukan karakter, moral, sikap, serta daya serap materi yang cepat untuk dipahami,” ungkap Prof. Alhadza, Kamis (12/11).

Menurut Mantan Rektor UMK ini, pembukaan sekolah di tengah pandemi Covid-19 harus dipersiapkan dengan matang. Utamanya tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Tentunya dalam pelaksanaan pembelajaran secara langsung di sekolah, yang sangat perlu diterapkan adalah waktu pelaksanaan pembelajaran yang harus dikurangi, membatasi siswa yang datang di sekolah dengan menggunakan sistem sif, serta materi belajar yang harus disingkat namun padat akan makna. Inilah yang menurut saya harus diterapkan oleh semua sekolah yang akan melaksanakan PBM tatap muka,” paparnya.

Lebih jauh, kondisi pendidikan di Indonesia, saat ini sedang mengalami masa-masa sulit akibat wabah yang tak kunjung berakhir. Karenanya semua stakeholder harus bekerja, berbuat, berinovasi untuk terus memberikan pada dunia pendidikan.

“Di tengah kondisi sulit seperti ini, dibutuhkan sebuah ketekunan, kinerja yang maksimal, serta kereativitas yang tinggi dari para guru-guru, untuk terus bisa memberikan sebuah dampak perubahan yang baik demi kemajuan pendidikan,” tutupnya. (m5/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy