Pengamanan Pilkada Muna Diperketat – Kendari Pos
Politik

Pengamanan Pilkada Muna Diperketat

KENDARIPOS.CO.ID — Pilkada Muna memang beda, suhunya lebih panas, dibanding kabupaten lain di Sultra yang juga gelar hajatan demokrasi. Pengamanannya kini lebih diperketat pasca meningkatnya eskalasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) dalam masa kampanye. Polres Muna mendapat tambahan personel Bawah Kendali Operasi (BKO) dari Polda Sultra.

Kapolres Muna, AKBP Debby Asri Nugroho (dua kanan), Calon Bupati Muna petahana LM. Rusman Emba (empat kanan), Calon Wakil Bupati Muna La Pili (tengah) bersama Forkopimda saat deklarasi Pilkada Damai.

Kapolres Muna, AKBP Debby Asri Nugroho menerangkan, jumlah personel BKO yang telah tiba di Muna untuk menambah tebal pengamanan Pilkada kini mencapai dua satuan setingkat pleton (SST). BKO itu berasal dari unsur Brigade Mobil (Brimob) Polda Sultra yang diturunkan dua gelombang. Itu untuk menambah kekuatan Polres Muna yang sebelumnya hanya berkisar 450 personel.

“Personilnya sudah tiba dan siap melaksanakan tugas pengamanan,” jelasnya.
Penambahan anggota BKO menyusul bentrok antar pendukung pasangan calon beberapa waktu lalu.
Ia menjelaskan, tambahan personel pengamanan tersebut dilakukan lantaran situasi Kamtibas belakangan ini kembali memanas.

Pengamanan diperkuat agar potensi konflik tidak meluas. BKO itu diturunkan untuk menjamin kondusivitas Muna sampai seluruh tahapan Pilkada selesai. Tim BKO akan melakukan patroli cipta kondisi untuk meningkatkan mitigasi konflik di tengah simpatisan. “Pengamanan dan patroli cipta kondisi akan ditingkatkan. Personil akan bergerak mobile,” terangnya.

Kondisi Kamtibas di Muna, utamanya dalam wilayah Kota Raha saat ini sudah cukup terkendali pasca pecahnya bentrok antar pendukung di bilangan Jl. Gatot Subroto, Kecamatan Batalaiworu belum lama ini. Namun kepolisian tetap waspada dengan meningkatkan pengamanan agar peristiwa bentok itu tidak terulang kembali.

Kapolres berharap pasangan calon dan simpatisannya menahan diri dan sama-sama berkomitmen menjaga kondusivitas. “Saya mengimbau agar tidak terprovokasi oleh pihak-pihak yang inginkan daerah tidak kondisif. Kita harus jaga agar Pilkada berlangsung aman sampai selesai,” pungkasnya. (ode/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy