Peneguh Kekerabatan Wija To Luwu, IPMIL Bakal Gelar Temu Akbar 9 Januari 2021 – Kendari Pos
Nasional

Peneguh Kekerabatan Wija To Luwu, IPMIL Bakal Gelar Temu Akbar 9 Januari 2021


KENDARIPOS.CO.ID — Kendati telah bertahun-tahun meninggalkan kampung halaman, Wija To Luwu (masyarakat keturunan atau berasal dari tanah Luwu) yang berada di Sulawesi Tenggara (Sultra) tak melupakan akar budayanya. Di tanah rantau, mereka berhimpun dalam paguyuban dan meneguhkan komitmen membangun Sultra.

Dirut Kendari Pos Irwan Zainuddin (kanan) menerima kunjungan pengurus IPMIL Raya Cabang Sultra di Graha Pena Kendari Pos, kemarin

Ikatan Pelajar Mahasiswa Indonesia Luwu (IPMIL) Raya Cabang Sultra menginisiasi temu akbar Wija To Luwu pada 9 Januari 2021 yang direncanakan digelar di Claro Hotel Kendari. Ketua panitia temu akbar, Asy’ary Suyanto mengatakan forum temu akbar ini diharapkan mampu menghasilkan kontribusi positif bagi Wija To Luwu yang berada di Sultra. “Kami memang sudah lama merantau dan menetap di Sultra, tapi tetap mengingat sejarah dan budaya masyarakat Luwu, dan kami juga berharap bisa saling membantu dalam membangun daerah Sultra ini,” ujar Asy’ary Suyanto kepada Kendari Pos, Rabu (25/11) kemarin.

Asy’ary Suyanto menjelaskan Luwu secara administratif masuk ke dalam Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), dan dipecah menjadi tiga wilayah Daerah Otonomi Baru (DOB) Kota Palopo, Luwu Timur dan Luwu Utara. Sebelum dan setelah mekar menjadi DOB, beberapa masyarakat merantauan ke beberapa wilayah di Provinsi Sultra. Di Sultra, masyarakat Luwu bekerja diberbagai bidang mulai ASN, karyawan swasta, wiraswasta dan petani.

Menurut Asy’ary Suyanto, temu akbar ini bertujuan merajut silaturahmi dan keakraban sesama Wija To Luwu di Sultra, berbagi pengalaman, menjaga dan melestarikan keutuhan nilai-nilai budaya dan adat istiadat Tanah Luwu sebagai tonggak kehidupan Wija To Luwu di Sultra. Rangkaian kegiatan temu akbar WIja To Luwu ini adalah sharing moment, pameran makanan tradisional, lelang aksesoris dan pusaka Luwu serta bakti sosial. (abd/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy