Pemprov Sultra Tingkatkan Kapasitas Pekerja Konstruksi – Kendari Pos
Metro Kendari

Pemprov Sultra Tingkatkan Kapasitas Pekerja Konstruksi

KENDARIPOS.CO.ID — Tidak hanya fokus membangunan infrastruktur, Pemprov Sultra turut memberi perhatian pada peningkatan kualitas pekerja di bidang konstruksi. Tiap tahun, Pemprov melalui Dinas Cipta Karya, Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sultra rutin melakukan pelatihan termasuk mensertifikasi pengelola teknis bangunan gedung.

Kepala Dinas Cipta Karya, Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sultra, Pahri Yamsul mengatakan perkembangan industri jasa konstruksi merupakan sektor industri yang memiliki tingkat persaingan yang ketat. Jangan heran, SDM, harga dan mutu atau kualitas menjadi tuntutan utama dari para pengguna jasa maupun penyedia jasa konstruksi.

Untuk meningkatkan kapasitas pekerja konstruksi, Pemprov rutin melakukan pelatihan. Peserta bimbingan teknis pelatihan dan sertifikasi tenaga pengelolaan teknis bangunan gedung di hotel horizon Kendari.

Oleh sebab itu, pengembangan SDM keahlian para pekerja konstruksi menjadi sangat penting dalam industri jasa konstruksi saat ini. Semuanya itu sangat di dukung oleh pengalaman di lapangan dan tentunya dengan pengetahuan yang dimiliki oleh para penyedia jasa konstruksi.

“Melalui pelatihan ini diharapkan peserta dapat meningkatkan kapasitasnya serta mengaplikasikan di lapangan pengetahuan yang diterima pada pelatihan ini. Terutama, untuk memenuhi kebutuhan akan tenaga konstruksi di wilayah Sultra. Sebab hal ini turut menjadi penekanan bapak gubernur,” ucapnya kemarin.

Peningkatkan kualitas dan kuantitas SDM pada industri jasa konstruksi sambungnya, merupakan suatu keharusan yang tidak dapat di tunda-tunda lagi. “Profesionalisme di berbagai keahlian dalam industri jasa konstruksi menjadi kebutuhan yang sangat mendesak. Hal ini tidak saja untuk menghadapi pembangunan yang sedang kita laksanakan. Tetapi juga dalam menghadapi era globalisasi saat ini, ” kata Ketua Perbasasi Sultra itu.

Sementara itu, Kabid Bina Konstruksi, Muslimin mengatakan, pelatihan dan sertifikasi pengelolaan teknis bangunan gedung sebagai bagian dari salah satu kesatuan yang tak bisa terpisahkan. Dimana antara pelatihan-pelatihan tenaga ahli bidang konstruksi lainya sebagai kewenangan Pemprov dan pelatihan tenaga terampil para tukang sebagai ujung tombak pelaksanaan konstruksi di lapangan yang menjadi kewenagan kabupaten dan kota.

“Ke depan kami mengharapkan bantuan kerjasama perwakilan lintas OPD di tahun mendatang untuk bersama sama melakukan monitoring dan evaluasi SDM bidang konstruksi pada pelaksanaan infrastruktur APBD. Hal ini tak lain untuk mendapatkan pencapaian kualitas dan mutu pekerjaan konstruksi,” ujarnya. (b/ilw/rah)

Pelatihan dan Sertifikasi Pengelola Teknis Bangunan Gedung

  1. Tenaga Asesor Lintas Bidang Keteknikan
    -Arsitek, Sipil, Mekanikal, Elektrikal dan Tata Lingkungan
  2. Instruktur atau Training of Trainer (TOT)
  3. Tenaga Ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)
    -Kontruksi, Tenaga Ahli Pengawas Pekerjaan Jalanan dan Jembatan
    -Tenaga Ahli Teknik Dermaga.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy