Pemkot Raih Penghargaan BKN

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir (kanan) menerima penghargaan dari Kepala Kanreg IV BKN Makassar Harun Arsyad (kiri) atas kesuksesan Pemkot Kendari melaksanakan seleksi CPNSD tahun anggaran 2019 berbasis CAT. Penghargaan diberikan dalam kegiatan sosialisasi dan pelatihan e-Kinerja lingkup Pemkot Kendari di PlazaInn Hotel, Senin (23/11) kemarin.


KENDARIPOS.CO.ID— Pemerintah Kota Kendari sukses menyelenggarakan seleksi penerimaan CPNSD tahun anggaran 2019 berbasis Computer Assisted Test (CAT). Sukses itu diganjar penghargaan dari pemerintah pusat melalui utusannya Kepala Kantor Regional (Kanreg) IV Badan Kepegawaian Negara (BKN) Makassar, Harun Arsyad.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir menerima langsung penghargaan dari utusan pemerintah pusat. Sulkarnain mengapresiasi pendampingan dan bimbangan yang selama ini telah diberikan Kanreg IV BKN Makassar. Menurutnya, penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi positif pemerintah pusat atas langkah-langkah yang ditempuh Pemkot Kendari dalam rangka meningkatkan kualitas seleksi CPNS.

“Untuk memastikan seorang ASN memiliki integritas dan profesionalisme yang baik, harus dimulai dari rekrutmennya. Dan hal tersebut telah kami lakukan dalam seleksi penerimaan CPNS sejak dua tahun terakhir menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) sehingga prosesnya lebih transparan,” kata Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir saat menerima penghargaan dalam kegiatan sosialisasi dan pelatihan e-Kinerja lingkup Pemkot Kendari di PlazaInn Hotel, Senin (23/11) kemarin.

Sulkarnain Kadir mengapresiasi pemerintah pusat dan BKN yang membuat mekanisme rekrutmen CPNSD yang sangat baik yakni melalui sistem CAT. “Sehingga tidak ada lagi kita temukan rekrutmen yang didominasi hal-hal yang sifatnya tidak dapat dipertanggung jawabkan, dan hasilnya pun sesuai dengan kualifikasi dan kompetensi yang dibutuhkan,” tambah Sulkarnain Kadir.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kanreg IV BKN Makassar, Harun Arsyad mengungkapkan Kota Kendari merupakan salah satu daerah yang sukses melaksanakan rekrutmen ASN berbasis sistem CAT dengan baik. Terbukti, kata dia, penyelenggaraannya sesuai waktu yang ditetapkan dan tidak menghasilkan sanggahan dari para peserta seleksi.

“Meskipun dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19, Pemkot sukses melaksanakan seleksi dengan baik. Menerapkan protokol kesehatan yang ketat kepada peserta sehingga tidak menimbulkan klaster penularan. Jadi sudah sepatutnya diberikan apresiasi dan penghargaan. Mudah-mudahan ke depan bisa dipertahankan,” kata Harun Arsyad.

Terpisah, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kendari, Susanti mengatakan, jika penghargaan ini didapatkan tidak lepas dari kerja keras yang selama ini dilakukan oleh tim panitia seleksi CPNS Kota Kendari, khususnya jajaran BKPSDM yang solid dan berkomitmen menyukseskan pelaksanaan seleksi dengan baik, kreatif, inovatif dan transparan.

Ia berharap, ke depan agar seluruh jajaran BKPSDM meningkatkan penyelenggaraan penerimaan CPNS di masa yang akan datang. “Penghargaan ini merupakan kedua kalinya diraih Pemkot Kendari dalam pelaksanaan seleksi CPNS dengan menerapkan sistem Computer Assisted Test (CAT) sesuai petunjuk teknis dari BKN selaku panitia seleksi nNasional (Panselnas),” kata Susanti.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari BKPSDM Kendari, sebanyak 93 orang dinyatakan lulus seleksi CPNSD tahun anggaran 2019. Rinciannya, sebanyak 19 orang tenaga pengajar (guru), 31 orang tenaga kesehatan dan 43 orang tenaga teknis.

CPNS yang telah dinyatakan lulus tersebut telah melaksanakan proses pemberkasan sejak 12 hingga 16 November lalu. Selanjutnya, berkas dibawa ke Kanreg IV BKN Makassar untuk proses penerbitan nomor induk pegawai (NIP). Rencananya, 1 Desember 2020, NIP dari 93 CPNS yang dinyatakan lulus ini sudah ditetapkan. (ags/b)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *