Pemkot Kendari Sabet Empat Penghargaan Kementerian Kesehatan – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Pemkot Kendari Sabet Empat Penghargaan Kementerian Kesehatan

KENDARIPOS.CO.ID — Presiden Joko Widodo patut bangga dengan kinerja Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari. Terutama dari aspek kesehatan, wilayah dalam kendali Sulkarnain Kadir ini berhasil melakukan beberapa terobosan penting yang berdampak positif bagi masyarakat. Menariknya, inovasi Pemkot Kendari ini juga sebagai perwujudan visi misi Jokowi-Maruf Amin. Seperti diketahui, salah satu visi misi Jokowi-Maruf Amin di bidang kesehatan adalah menurunkan angka stunting, yang mana salah satu instrumen pendukungnya adalah perbaikan fasilitas air bersih dan sanitasi lingkungan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari, drg. Rahminingrum (kiri) menyerahkan plakat penghargaan Kota ODF (Bebas BABS) kepada Sekot Kendari, Nahwa Umar (kanan), kemarin.

Terobosan Pemkot Kendari itu mendapat perhatian Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Dalam ajang Penganugerahan Sanitasi Total Masyarakat (STBM) yang dihelat Kementerian Kesehatan, Pemkot berhasil meraih empat penghargaan sekaligus, yang diserahkan langsung Menteri Kesehatan RI, dr. Terawan Agus Putranto secara virtual.

Empat penghargaan dimaksud: Pertama, Penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Berkelanjutan sebagai Kota Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS). Kedua, Penghargaan Sanitarian/ Petugas Kesehatan Lingkungan Puskesmas Terbaik Kabupaten/Kota SBS/ODF. Penghargaan ini diterima Nur Inzana, SKM dari Puskesmas Perumnas atas upayanya mengubah perilaku masyarakat yang higienis dan saniter melalui pendekatan STBM tahun 2020.

Ketiga, Penghargaan Kepala Desa/ Lurah terbaik Kabupaten/Kota SBS/ ODF diberikan kepada Lurah Petoaha, Muchamad Ichsan dalam upaya mengubah perilaku masyarakat yang higienis dan saniter melalui pendekatan STBM tahun 2020. Keempat, Penghargaan Natural Leader terbaik SBS/ODF yang diterima Malaerni dari Kelurahan Petoaha.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari, drg. Rahminingrum mengaku penghargaan yang diberikan masih STBM Kategori Pilar 1. Itu artinya, seluruh warga Kota Kendari sudah tidak ada lagi yang buang air besar sembarangan. “Selama 5 tahun ke belakang, masing-masing kelurahan dengan verifikasi yang ketat dan bertahap mendeklarasikan sebagai Kelurahan ODF. Alhamdulillah tahun 2020, semua kelurahan sudah ODF,” kata Rahminingrum kepada Kendari Pos, kemarin.

Ke depan, pihaknya optimis bisa meraih penghargaan STBM 5 Pilar yang merupakan penghargaan tertinggi dalam ajang tersebut. Untuk diketahui 5 Pilar STBM yakni Stop Buang Air Besar Sembarangan (Stop BABS); Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS); Pengelolaan Air Minum-Makanan Rumah Tangga (PAMM RT); Pengelolaan Sampah Rumah Tangga (PS RT); dan Pengelolaan Limbah Cair Rumah Tangga (PLC RT).

Sekot Kendari, Hj. Nahwa Umar mengapresiasi capaian Pemkot Kendari dalam ajang tersebut. Sebaba, dari 29 Kabupaten/Kota yang dinilai, pemkot menjadi salah satu daerah dengan raihan penghargaan terbanyak. “Ini berkat kerja keras bersama seluruh elemen dan petunjuk dari Wali Kota, Sulkarnain Kadir. Termasuk tingginya kesadaran masyarakat yang sudah 100 persen tidak BAB (Buang Air Besar) sembarangan,” kata Nahwa Umar.

Mantan Kepala Bapenda Kota Kendari itu meminta agar prestasi itu dijadikan cambuk dan motivasi. Hal tersebut tak lain untuk pemerataan pembangunan kualitas hidup masyarakat. “Ke depan, saya minta untuk ditingkatkan prestasinya dengan tidak henti melakukan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya berperilaku hidup bersih dan sehat. Supaya kualitas hidup masyarakat kita bisa meningkat,” harapnya.

Menteri Kesehatan RI, dr. Terawan Agus Putranto mengakui, ajang tersebut untuk memberikan apresiasi kepada kabupaten/kota yang peduli dengan sanitasi lingkungan. Hal itu sesuai dengan arahan Presiden Jokowi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di bidang kesehatan. “Kami berharap, daerah yang sudah mendapat penghargaan dipertahankan dan ditingkatkan. Sedangkan yang belum harus terus berusaha. Ini demi kepentingan daerah dan masyarakat,” imbuhnya. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy