Pemkab Muna dan Komisi V DPR RI Tinjau Lokasi Pembangunan Dua Pelabuhan – Kendari Pos
Muna

Pemkab Muna dan Komisi V DPR RI Tinjau Lokasi Pembangunan Dua Pelabuhan


KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna merencanakan pembangunan dua pelabuhan untuk meningkatkan mobilitas orang dan barang di daerah itu. Dua sarana tersebut adalah Pelabuhan Kontainer di Kecamatan Lasalepa dan Pelabuhan Pelni di Tongkuno. Rencananya, proyek itu menyasar dukungan dana dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN). Lokasi dua pelabuhan tersebut sudah ditinjau langsung oleh Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Ridwan Bae, pihak Dinas Perhubungan Muna bersama Unit Penyelenggara Pelabuhan Nusantara, Raha.

Pemkab Muna menggagas pembangunan Pelabuhan Kontainer dan Pelni. Proyek itu menyasar dukungan APBN. Lokasi dua pelabuhan tersebut sudah ditinjau Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Ridwan, BAE bersama pihak Dishub Muna dan Unit Penyelenggara Pelabuhan Nusantara Raha

Dua pelabuhan tersebut direncanakan mengambil alih fungsi Pelabuhan kontainer sekaligus Pelabuhan Pelni dari Pelabuhan Nusantara di Raha yang ada saat ini. “Pelabuhan sekarang tidak bisa untuk jangka panjang karena letaknya di pusat kota,” kata Nifaki, Kadishub Muna, Senin (2/11). Dua proyek itu disebut tidak lepas dari inisiatif Ridwan Bae, mantan Bupati Muna yang juga legislator Senayan saat ini. Ridwan menyebut, ke depan, pelabuhan Nusantara Raha hanya akan berfungsi untuk umum tetapi bukan untuk melayani peti kemas maupun Pelni. Fungsi pelabuhan Pelni akan dialihkan ke Walengkabola, Kecamatan Tongkuno, lokasi yang menjadi rencana pelabuhan baru tersebut. Sedangkan pelayanan bongkar muat kontainer akan dipusatkan di bibir pantai Motewe, Kecamatan Lasalepa.

“Saya dorong rencana itu karena sangat baik untuk membuka pertumbuhan ekonomi baru di Tongkuno dan Motewe,” tuturnya. Ridwan menyebut pembangunan pelabuhan tersebut sudah masuk tahap perencanaan. Ia berharap, Pemkab Muna mendukung kegiatan analisis dampak lingkungan maupun studi kelayakan lokasi. Jika tak ada aral, dua mega proyek itu diharapkan bisa segera dimulai tahun 2022 mendatang. “Nilai anggarannya belum bisa dipastikan karena baru tahap perencanaan. Semoga saja lancar sehingga fisiknya bisa segera dimulai,” pungkasnya. (b/ode)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy