Pemkab Minahasa Tenggara Tertarik Teknologi Pertanian Konawe – Kendari Pos
Metro Kendari

Pemkab Minahasa Tenggara Tertarik Teknologi Pertanian Konawe


KEDNARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara di Provinsi Sulawesi Utara, tertarik dengan stimulus Pemkab Konawe pada sektor pertanian. Mekanisasi robotik dalam mendukung stok pangan, membuat Pemkab Minahasa Tenggara begitu tertarik dengan terobosan tersebut. Wakil Bupati (Wabup) Minahasa Tenggara, Youke Legi, menyebut, gagasan brilian itu bakal diadopsi di otoritanya yang beribu kota di Ratahan.

Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara (kiri) ketika menerima cinderamata dari Wakil Bupati Minahasa Tenggara, Youke Legi (kanan) dalam sebuah kunjungan, kemarin. ADI HIDAYAT/KENDARI POS.

“Kita juga sebenarnya punya potensi persawahan. Namun harus kami akui, Konawe memiliki sawah yang sangat luas. Teknologinya akan kami adopsi. Misalnya, penggunaan hand traktor menggunakan remote control. Terobosan Pemkab Konawe ini kami rasa mampu menciptakan efisiensi disektor pertanian,” ujar Wabup Minahasa Tenggara, Youke Legi, usai berkunjung ke Konawe, Selasa (3/11).

Youke Legi menuturkan, geografis Minahasa Tenggara sedikit banyak menyerupai kondisi alam di Konawe. Bahkan bisa dibilang, dua daerah berbeda provinsi itu kembar dari segi potensi kearifan lokal daerah. Lawatannya ke Konawe, katanya, untuk mencari tahu berbagai kebijakan Pemkab dalam rangka mendukung kemajuan daerah. Hanya memang, sambungnya, pengembangan sektor pertanian di Konawe cukup luar biasa dan bakal dibawa pulang untuk diaplikasikan di Minahasa Tenggara.

“Termasuk sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), pertambangan dan pariwisata di Konawe, semua luar biasa. Kita berharap, silaturahmi ini berjalan dengan baik. Semoga ada kunjungan balasan dari Pemkab Konawe ke daerah kami di Minahasa Tenggara,” harapnya. Di tempat yang sama, Wabup Konawe, Gusli Topan Sabara, mengatakan, pertemuan dengan rombongan Pemkab Minahasa Tenggara, membahas berbagai instrumen kebijakan di dua daerah beda provinsi tersebut. Beberapa hal pokok menarik dibahas dalam lawatan silaturahmi itu. Namun pada intinya, kata Gusli, tipikal alam Konawe maupun Minahasa Tenggara, serupa dalam beberapa sektor.

“Karena kembar, jadi kita bisa saling mengisi dan menguatkan. Kita juga tertarik dan bakal mengadopsi beberapa hal dari Pemkab Minahasa Tenggara. Salah satunya, sistem digitalisasi di pemerintahan setempat. Sebab kita tak bisa pungkiri, era kita sekarang sudah masuk era digital,” ungkap mantan Ketua DPRD Konawe itu. (b/adi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy