Pemkab Bombana Jamin Kesehatan 45.400 Warga

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bombana dalam kendali Bupati, H. Tafdil cukup maksimal dalam memberikan layanan kesehatan bagi seluruh masyarakatnya. Salah satu indikatornya adalah dengan keberhasilan melampaui target universal health coverage (UHC) yang menembus angka 96 persen dari target nasional sebesar 95 persen.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bombana, Sunandar, mengungkapkan, daerah itu telah resmi mencapai UHC setelah peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sudah mencapai angka 96 persen dari total penduduk Kabupaten Bombana. “Alhamdulillah saat ini 45.400 jiwa masyarakat Bombana sudah memiliki JKN-KIS yang dibiayai oleh Pemkab,” ungkapnya, saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (13/11).

Sunandar mengakui, terpenuhinya target UHC tersebut merupakan implementasi keberhasilan Pemkab Bombana dalam mewujudkan program Gembira Sehat yang digagas Bupati, H. Tafdil dan Wakil Bupati, Johan Salim dengan memberikan kartu jaminan kesehatan untuk seluruh warganya. “Ini semua adalah bagian dari upaya Pemkab Bombana menjamin layanan kesehatan masyarakat dengan baik. Terlebih lagi, pemerintah menyadari bahwa kesehatan adalah pelayanan paling pokok yang harus disediakan,” ulangnya, menegaskan.

Melalui program Gembira Sehat, Pemkab Bombana juga tengah fokus menyediakan fasilitas kesehatan, seperti Rumah Sakit, Puskesmas berstaandar nasional hingga ketersediaan dokter ahli. “Saat ini tujuh Puskesmas kita sudah berstandar nasional dan tahun 2021 mendatang ada tiga yang dibangun dengan standar nasional dari total 22 Puskesmas. Bahkan saat ini, Pemkab Bombana juga telah membangun gedung Rumah Sakit yang juga berstandar nasional. Insyaallah target pelayanan Rumah Sakit tersebut sudah bisa di fungsikan pada 1 Januari 2022 mendatang,” tandas Sunandar. (c/idh)

Facebooktwittermail

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.