Parameter : SUARA Makin tak Tertandingi

KENDARIPOS.CO.ID — Kekuatan Surunuddin Dangga-Rasyid di Pilkada Konawe Selatan (Konsel) masih kokoh. Dari hasil survei lembaga bernama Parameter Publik Indonesia, duet berakronim “SUARA” mempunyai kans terpilih lebih besar dibanding pasangan calon lain, Rusmin Abdul Gani-Senawan Silondae (RAG-SS) dan Muh Endang-Wahyu Ade Pratama (Ewako).

Hal itu diungkapkan oleh Direktur Eksekutif Parameter Publik Indonesia, Ras Md saat konferensi pers di Hotel Claro Kendari, kemarin (26/11). “Dua minggu sebelum hari H, petahana “SUARA” makin tak tertandingi. Paslon ini diambang dua periode,” ucap Ras Md dihadapan sejumlah awak media.

Direktur Eksekutif Parameter Publik Indonesia Ras Md saat memaparkan hasil survei elektabilitas Paslon yang berlaga di Pilkda Konsel saat konferensi pers, kemarin

Ia menjelaskan elektabilitas Surunuddin-Rasyid menempati posisi pertama dengan 56,4 persen, Muhamad Endang SA-Wahyu Ade Pratama Imran 16,5 persen, dan Rusmin Abdul Gani-Senawan Silondae hanya 11, 3 persen. “Sementara yang masih merahasiakan, belum memilih, tidak tahu, dan tidak jawab itu sekira 15.8 persen,” sebutnya.

Tren elektabilitas ketiga Paslon, dari dua hasil survei di bulan yang berbeda, Ras MD menyebutkan mengalami peningkatan. Survei Oktober; Surunuddin-Rasyid 52,90 persen, sementara November 56,4 persen. Endang-Wahyu 12,5 persen di Oktober naik menjadi 16,5 persen pada November. Sedangkan Rusmin-Senawan hanya 9,5 persen di Oktober, menjadi 11,3 persen saat November.

“Survei terkahir Surunuddin-Rasyid naik 3,5 persen, Endang-Wahyu naik 4,0 persen, dan Rusmin-Senawan naik 1,8 persen,” jelasnya. Sehingga dari konfigurasi hasil survei terkahir, menjelang dua minggu pencoblosan, tambah mantan manajer Lembaga Survei Indonesia (LSI) ini, petahana masih sulit untuk dikalahkan, dan diprediksi akan kembali memenangkan Pilkada tahun ini.

Katanya, ada lima alasan yang membuat “SUARA” akan memimpin di periode kedua. Yakni, persepsi kepuasan dan keberhasilan petahana kurang lebih lima tahun menjabat berada di atas 75 persen. Kedua, Surunuddin Dangga lebih berpengalaman dibidang pemerintahan dengan capaian 52 persen.

“Disisi lain, Surunuddin lebih dipercaya membawa kemajuan daerah dengan angka 53,90 persen. Di bidang prestasi, Surunuddin memperoleh nilai 56,70 persen, dan persepsi masyarakat yang menginginkan kembali Surunuddin Dangga menjabat Bupati mencapai 55,80 persen,” klaimnya.

Dalam pengumpulan data, kata dia, lembaganya menggunakan metode sampling atau multistage random sampling, dengan 1000 responden yang diacak sacara komprehensif, menggunakan data BPS Konsel. Adapun metode wawancara dilakukan secara tatap muka menggunakan kuesioner. Margin erronya 3.16 persen.

Ia meyakini hasil surveinya, tidak akan jauh berbeda hasilnya pada hari pemilihan nanti. Pihaknya melaksanakan metodologi survei yang tepat dan selalu menyampaikan data akurat dan sederhana. Ras Md menyebutm bila angka partisipasi pemilih bisa berada di angka 88 persen. “Namun ditengah Covid-19 ini, KPU diharapkan sosialisasi tetap dilaksanakan guna mencapai target angka partisipasi pemilih secara nasional,” tandasnya. (kam/b)

Facebooktwittermail

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.