Olimpiade Sains Indonesia, Siswa MI Ummusshabri Kendari Raih 5 Perunggu Tingkat Nasional – Kendari Pos
Edukasi

Olimpiade Sains Indonesia, Siswa MI Ummusshabri Kendari Raih 5 Perunggu Tingkat Nasional

KENDARIPOS.CO.ID — Pepatah bijak mengatakan “Usaha Tidak Akan Menghianati Hasil”. Itulah yang tergambar dalam perjuangan Madrasah Ibtidaiyah (MI) Ummusshabri Kendari. Mereka yang tak pernah henti mengukir prestasi di Tingkat Nasional. Sebanyak 5 medali perunggu dibawa pulang siswa MI Ummusshabri. Dengan raihan prestasi yang fenomenal tersebut maka MI Ummusshabri benar-benar layak disebut Madrasah/Sekolah Unggulan di Sulawesi Tenggara.

Sebanyak 5 medali perunggu yang diraih siswa MI Ummusshabri pada Ajang Olimpiade Pahlawan Sains Indonesia (OPSI) yang diselenggarakan oleh Forum Pelatihan Olimpiade Sains Indonesia, pada tanggal 22 November 2020 secara online tersebut siswa MI Ummusshabri menunjukan kualitasnya di tingkat nasional.

Perolehan prestasi tersebut antara lain:
Annisa Iffah Huriyyah (bahasa Inggris), Nurafifah Indah Kirana (Matematika), Assyifa Aqifa Qalbi (Matematika), Muh. Razka Akyaza Tongasa (IPA) dan Ananda Khumaira Gazali (IPA).

Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan yang juga menjadi Ketua Penjaminan Mutu MI Ummusshabri, Anas, S.Pd menuturkan, siswa yang berhasil mempersembahkan prestasi tersebut adalah siswa+siswi pilihan, karena sebelum ditetapkan sebagai perwakilan MI Ummusshabri untuk mengikuti lomba/olimpiade maka terlebih dahulu dilakukan seleksi secara internal Madrasah.”Yakni berupa tes tulis dan tes lisan terhadap siswa siswi yang direkomendasikan oleh setiap perwalian,” terangnya.

“Siswa yang dinyatakan lolos seleksi maka akan dilakukan pertemuan yang intens minimal selama 1 pekan (di luar pertemuan kelas olimpiade secara umum) sebelum pelaksanaan lomba,” katanya.

Anas menjelaskan bahwa sejak tahun ajaran 2020/2021 tepatnya awal semester sudah membentuk kelas olimpiade yang berjumlah 10 siswa/mata pelajaran (maths dan sains), semoga semester depan akan ditambah dengan bidang bahasa asing.

Kepala Madrasah Ibtidaiyah Pesantren Ummusshabri Kendari Fajeri Ishak, S.Pd.I., M.Ed mengapresiasi prestasi ini.Di tengah pandemi, prestasi ini membuktikan produktifitas madrasah tidak pernah berhenti meskipun dalam kondisi sperti ini. Sebenarnya ini merupakan inspirasi dri al-qur’an (kulla yaumin huwa fii sya’nin) bahwa setiap hari Allah selalu dalam keadaan sibuk. “Tidak ada kata istrahat atau lelah dalam memberikan yang terbaik bagi peserta didik dan akan selalu ada aktifitas pembinaan dan pengembangan,”papar
Fajri menambahkan.

Sebagai Kepala madrasah, Fajri juga memberikan apresiasi seluruh tim pembina dan pendamping yang telah memberikan dedikasi dan loyalitas tinggi dalam melayani anak-anak.” Capaian hari ini merupakan buah dari persiapan yang sudah kita lakukan sejak beberapa bulan terakhir berupa pembinaan kelas olimpiade,” ujarnya.

Lebih lanjut. Fajeri Ishak, mengatakan bahwa prestasi santri MI tersebut kategori bergengsi selain karena olimpiade nya bersifat nasional juga peserta yang mengikuti tergolong banyak dari SD/MI di seluruh Indonesia. Misalnya Bahasa Inggris diikuti oleh 400 Peserta. Bidang IPA diikuti oleh 718 peserta. Sedangkan bidang Matematika diikuti oleh 753 peserta di seluruh Indonesia dan dipastikan pesertanya dari sekolah-sekolah yang memiliki daya saing di daerahnya.

Ketua Yayasan Ummusshabri Dr. Supriyanto. MA mengatakan bahwa budaya kompetisi di semua satuan pendidikan Yayasan Ummusshabri memang sudah terbangun. Apalagi dengan dialokasikannya dana dekonstruksi mutu dari Yayasan diharapkan semakin mengintensifkan pihak madrasah dalam mengikuti berbagai ajang kompetisi baik lokal hingga nasional. “Karena itu, sudah semestinya semua satuan pendidikan semakin menambah energi untuk menampilkan citra yang terbaik,” kuncinya.(adv)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy