Museum Sultra Pajang 5.300 Koleksi – Kendari Pos
Metro Kendari

Museum Sultra Pajang 5.300 Koleksi

Asrun Lio

KENDARIPOS.CO.ID — Pelestarian budaya menjadi program prioritas Pemprov Sultra. Tak mengherankan, Pemprov melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra rutin melakukan kegiatan bernuansa budaya baik yang dipentaskan maupun barang koleksi. Upaya pengembangan dan pelestarian dilaksanakan bidang budaya Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) museum.

Kepala Dikbud Sultra, Asrun Lio mengatakan pagelaran budaya telah menjadi agenda tahunan. Tidak hanya pentas seni dan perlombaan, pemerintah terus melakukan kajian terhadap kelestarian budaya. Program ini demi pengembangan atau kemajuan kebudayaan. Salah satunya melalui pendataan benda-benda yang menjadi cagar budaya.

Di UPTD Museum kata akademisi UHO ini, pihaknya memiliki 5.300 koleksi. Sebanyak 700 dipamerkan ruangan stored, 5 dipajang di luar ruangan dan 4.595 di pajang rapi di gudang museum. Untuk lebih mengenalkan, kunjungan ke museum merupakan bagian dari mata pelajaran.

“Kami dorong generasi muda lebih mengenal kekayaan budaya Sultra. Katakanlah setelah dia mempelajari teorinya, prakteknya dia bisa membuktikan itu di lapangan dengan mengunjungi museum. Itu sudah sering dilakukan sebagai langkah mengenal kebudayaan sendiri,” jelasnya kemarin.

Tidak hanya itu, pihaknya membuka ruang pertunjukan event budaya. Dengan begitu, generasi muda bisa mengenal dan mempelajari tradisi lokal. “Mereka harus bangga dengan kebudayaanya. Kalau bisa, mereka bisa menyalurkan bakatnya melalui tarian dan seni lainnya,” ujar Asrun.

Pendataan budaya tak benda ini berkaitan dengan warisan-warisan kebudayaan daerah misalnya, tarian, tradisi-tradisi lisan, termasuk Tabanti atau pantun-pantun daerah. “Setiap tahunnya, kita mengusulkan warisan budaya tak benda ini agar diakui oleh nasional sebagai warisan budaya. Tahun lalu, kita mengusulkan enam, warisan budaya tak benda dan salah satunya sudah masuk dalam penilaian. Hasilnya, tenunan Buteng menjadi warisan budaya tak benda,” ujarnya. (c/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy