Moderator Debat Harus Bersikap Adil – Kendari Pos
Politik

Moderator Debat Harus Bersikap Adil

KENDARIPOS.CO.ID — KPU Sultra meminta moderator bersikap adil saat memandu jalannya debat kandidat Pilkada 2020.
Dengan begitu, debat berlangsung kondusif dan berimbang sejak awal hingga berakhir. Ketua KPU Sultra La Ode Abduk Natsir Muthalib mengatakan secara teknis, acara debat akan dinakhodai oleh moderator termasuk pendalaman materi debat dengan durasi selama 120 menit. Rinciannya rincian 90 menit untuk segmen debat dan 30 menit untuk jeda iklan layanan masyarkat.

La Ode Abdul Natsir Muthalib

Sedangkan durasi debat kandidat untuk lebih dari 3 paslon, maka diberi waktu selama 150 menit. Masing-masing 120 menit segmen debat dan 30 menit untuk iklan layanan masyarakat. “Moderator harus mengatur dengan baik ritme debat. Bukan saja mengkondisikan waktunya agar dimanfaatkan secara tepat oleh paslon, namun juga harus adil dalam memberikan sebuah materi pertanyaan. Semuanya harus diberlakukan sama. Agar tidak ada yang merasa dicurangi atau adanya ketidakadilan,”kata Abdul Natsir Muthalib kepada Kendari Pos, Rabu (4/11).

Peran moderator, kata dia, senantiasa menjaga keberimbangan perlakuan dan kesempatan kepada tim calon atau paslon. Memberikan waktu dan kesempatan yang sama bagi tiap calon atau paslon. Moderator dilarang memberikan ipink, komentar, penilaian dan kesimpulan terhadap jawaban atau tanggapan calon atau paslon.

“Moderator wajib memenuhi kualifikasi seperti integritas, terukur, simpatik, dan kapasitas sesuai bidangnya, bersikap netral, tidak memihak dan tidak mempunyai hubungan dengan parpol/gabungan parpol, paslon dan/atau tim kampanye serta mempunyai kemampuan tampil dan berbicara di muka publik,” tandasnya. (m6/b).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy