Model Soal AN Meminta Siswa Berpikir Kritis – Kendari Pos
Nasional

Model Soal AN Meminta Siswa Berpikir Kritis


KENDARIPOS.CO.ID — Ketua Yayasan Guru Belajar Bukik Setiawan menyebutkan bahwa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah memberikan contoh soal yang akan dipakai dalam Asesmen Nasional (AN). Fokusnya adalah mengelola informasi yang bersifat numerasi, literasi teks fiksi dan literasi teks informasi.

Bukik Setiawan

“Informasi yang kita sampaikan akan berdasarkan informasi resmi dari kementerian, contoh soal dalam Pusmenjar, bukan bimbel. Ini resmi,” kata dia di webinar Jurus Jitu Lulus AN, kemarin.

Bukik sendiri memperlihatkan salah satu soal di jenjang SMP untuk kelas 8. Soal tersebut meminta para murid untuk memaknai diskon. “Murid tinggal klik benar atau salah dari pernyataan. Di sini tidak mencakup rumus, tidak mencakup konten pelajaran jadi kemampuan nalarnya melihat mana diskon yang lebih besar. Besar diskon di toko B apakah sama dengan diskon di toko C,” terang Bukik.

Cara menghitung diskon juga telah diberikan penjelasannya pada soal tersebut. Jadi para murid bisa langsung mengelola informasi yang diberikan. “Jadi kemampuan nalarnya sangat penting, tidak perlu membuat rumus, selama nalarnya jalan bisa mengerjakan ini,” imbuhnya.

Adapun, soal ini dapat diunduh melalui pusmenjar.kemdikbud.go.id/AKM secara gratis. Harapannya, satuan pendidikan, guru dan orang tua dapat mendalami seperti apa yang dimaksud dengan uji AN yang berlandaskan numerasi dan literasi itu. (jpg)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy