Merawat Harmoni Merajut Komunikasi, Kapolda dan Wakapolda Sultra Sambangi Kendari Pos – Kendari Pos
Nasional

Merawat Harmoni Merajut Komunikasi, Kapolda dan Wakapolda Sultra Sambangi Kendari Pos


KENDARIPOS.CO.ID — Peran media massa di mata Kapolda Sultra Irjen Pol Yan Sultra Indrajaya sangat strategis. Saking strategisnya, media massa dapat berkontribusi dalam arah kebijakan pemerintah, sekaligus mendukung tugas-tugas kepolisian, terciptanya keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Kapolda Sultra Irjen Pol Yan Sultra Indrajaya (tiga dari kanan) memberikan cendera mata kepada Dirut Kendari Pos Irwan Zainuddin (tiga dari kiri) saat berkunjung ke Graha Pena Kendari Pos, Selasa (3/11). Hadir pula Wakapolda Sultra Brigjen Pol Waris Agono (dua dari kanan), Direktur Kendari Pos La Ode Diada Nebansi (dua dari kiri), Kabid Humas Polda Sultra Kombes Pol Ferry Walintukan (kanan) dan Wadir Litbang Kendari Pos, Arifuddin Mangka (kiri).

Sinergi Polda Sultra dan media massa selama ini berjalan harmonis. Demi merawat harmoni itu, Kapolda Sultra Irjen Pol Yan Sultra Indrajaya blusukan dan bersilaturahmi ke berbagai media massa di Sultra. Silaturahmi itu sebagai upaya merajut ruang komunikasi kepolisian, media massa dan masyarakat.

Kapolda Sultra Irjen Pol Yan Sultra Indrajaya bersama Wakapolda Sultra Brigjen Pol Waris Agono dan Kabid Humas Kombes Ferry Walintukan berkunjung ke Graha Pena Kendari Pos, Selasa (3/11) kemarin. Rombongan Kapolda diterima Direktur Utama Kendari Pos, Irwan Zainuddin, Direktur Kendari Pos La Ode Diada Nebansi dan jajaran manajemen Harian Kendari Pos.

Kapolda Sultra Irjen Pol Yan Sultra Indrajaya mengatakan silaturahmi sangat penting dalam upaya terciptanya Kamtibmas yang kondusif dan masyarakat semakin produktif. “Silaturahmi ini sangat penting, karena media massa adalah mitra kepolisian. Media massa memiliki peran sentral bagi kami. Kami butuh media. Dalam menjalankan fungsinya, media mampu melihat beragam sudut pandang. Termasuk dalam menjalankan fungsi kontrol sosial. Kami juga membutuhkan kontrol sosial,” ujar Irjen Pol Yan Sultra, kemarin.

Jenderal bintang dua itu menambahkan hubungan polisi dan media massa harus harmonis dan saling bersinergi. Sebab peran media massa begitu penting dalam pengawasan kinerja kepolisian. “Media dapat menyampaikan hasil kerja kami. Tanpa media, masyarakat tidak akan tahu apa yang telah kami kerjakan,” imbuh Irjen Pol Yan Sultra.

Banyak hal yang jadi materi diskusi kedua pimpinan beda lembaga itu. Kapolda Sultra Irjen Pol Yan Sultra sangat peduli dan perhatian terhadap insan pers di Sultra. Kapolda berjanji akan mengolaborasi Undang-Undang Pers dalam implementasi penindakan hukum di wilayah hukumnya agar para jurnalis bebas dari intimidasi.

“Ke depan kita akan mengadakan pelatihan untuk anggota kepolisian, memberikan pemahaman terkait UU pers, kode etik jurnalistik dan lain sebagainya, agar saat di lapangan tidak terjadi lagi hal-hal yang merugikan insan pers dan masyarakat,” ungkap Irjen Pol Yan Sultra.

Jika ada persoalan yang berkenaan dengan karya jurnalistik, Irjen Pol Yan Sultra berkomitmen menginstruksikan personelnya agar menyingkronkan dengan UU Pers dan menyelaraskan peran Dewan Pers. Keselamatan jurnalis saat peliputan di daerah konflik tak luput dari perhatian mantan Wakapolda Sultra itu.

“Semisal ada aksi unjuk rasa. Harus ada strategi bagi wartawan di lapangan agar tidak menjadi korban jika terjadi rusuh. Makanya, saya perintahkan Kabid Humas turun setiap ada demo agar bisa mengenali dan membantu wartawan sehingga bisa meminimalisir adanya wartawan yang jadi korban saat terjadi konflik,” jelas Irjen Pol Yan Sultra.

Wakapolda Sultra Brigjen Pol Waris Agono menambahkan, pihaknya akan mengadakan pelatihan terhadap wartawan terutama dalam melakukan liputan di daerah konflik. “Kami juga sudah siapkan rompi khusus yang bertuliskan pers agar bisa dikenali saat meliput kerusuhan atau demonstrasi. Mereka juga disiapkan helm khusus agar aman saat liputan,” ujarnya.

Direktur Utama Kendari Pos Irwan Zainuddin mengapresiasi perhatian dan kepedulian Kapolda Sultra Irjen Pol Yan Sultra Indrajaya bersama jajaran terhadap awak media. Irwan Zainuddin berkomitmen memperkuat sinergi dengan kepolisian dalam menciptakan daerah yang aman dan kondusif. Kendari Pos akan selalu hadir dalam membantu meredam potensi konflik melalui pemberitaan yang lebih menyejukkan.

“Kami sudah mengimplementasikannya melalui pemberitaan yang ‘Santun dan Menginspirasi’. Jika ada peristiwa yang bersifat konflik, maka kami tak lagi menampilkan informasi yang bisa menambah gaduh. Kendari Pos tampil dengan sajian informasi sejuk dengan melihat sisi-sisi positifnya,” ungkap Irwan Zainuddin saat berdiskusi bersama Kapolda Sultra Irjen Pol Yan Sultra Indrajaya dan Wakapolda Sultra Brigjen Pol Waris Agono.

Irwan Zainuddin melihat sisi lain yang dimiliki kepolisian. Jurnalis dan masyarakat secara umum hanya melihat polisi sebagai lembaga yang memiliki kewenangan penindakan hukum. Pemberitaan biasanya hanya terkait persoalan penangkapan dan semacamnya. “Padahal, polisi banyak sisi humanisnya. Mereka melakukan pembinaan masyarakat melalui Binmas. Menerjunkan Bhabinkamtibmas membantu masyarakat. Tanggap bencana. Banyak kegiatan sosial dan humanis yang dilaksanakan polisi,” ujarnya.

Aspek humanis kepolisian ini jarang terpublikasi dengan menarik sehingga masyarakat hanya memandang polisi sebagai garda terdepan penindakan hukum saja. “Banyak sisi yang bisa diangkat, mulai dari kegiatan humanis atau prestasi-prestasi Polda Sultra. Tujuannya mengenalkan Polda Sultra dari sudut pandang berbeda yang masih sedikit diketahui masyarakat,” ungkap Irwan Zainuddin.

Gagasan tersebut mendapat apresiasi dari Kapolda Sultra Irjen Pol Yan Sultra Indrajaya dan mengharapkan dukungan media dalam menyukseskan pelaksanaan tugas dan tanggung jawab kepolisian. (m2/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy