Menuju Pilkada 9 Desember, KPU Matangkan Persiapan Pemungutan Suara – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Menuju Pilkada 9 Desember, KPU Matangkan Persiapan Pemungutan Suara


KENDARIPOS.CO.ID — KPU di tujuh daerah punya visi yang sama di panggung Pilkada serentak ini. Semuanya pasti ingin meraih predikat sukses penyelenggara. Persiapan terus dimatangkan menuju Pilkada 9 Desember. Sebelas hari lagi, pemungutan suara digelar. Tahapan paling mendasar dipastikan sudah siap secara teknis.

Kampanye di media massa berjalan hingga 5 Desember 2020. Enam KPU tuntas menggelar debat publik tuntas digelar. Kini KPU intens menyosialisasikan pemilih untuk berpartisipasi dalam pemungutan suara. Logistik Pilkada disiapkan.

Di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), KPU intens mempersiapkan pemungutan suara pada 9 Desember.
Ketua KPU Konsel, Aliudin menjelaskan, selama sepekan ini pihaknya terus mempersiapkan logistik yang akan digunakan pada hari pemilihan.

“Sambil kita juga terus melaksanakan sosialisasi terkait netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN). Selain itu kita terus mengingatkan kepada para penyelenggara Pilkada untuk menjaga netralitas dan integritas,”ujarnya kepada Kendari Pos, Sabtu (28/11) kemarin.

Selain itu, KPU Konsel melaksanakan simulasi pungut hitung suara (Tungsura) dan sistem rekap (Sirekap) yang melibatkan badan adhock dan KPPS.

“Kita juga mengikuti webinar yang diinisiasi oleh KPK dan menghadirkan ketiga pasangan calon (Paslon) dari Konsel untuk menandatangani pakta integritas,” jelas Aliudin sembari menambahkan pihaknya tengah mempersiapkan pelaksanaan debat publik yang dijadwalkan hari ini, 28 November di Hotel Wonua Monapa, Kecamatan Ranomeeto.

Persiapan menuju sukses Pilkada juga dilakukan KPU Kolaka Timur (Koltim). Sejauh ini persiapan KPU di atas 90 persen menuju Pilkada 9 Desember 2020. Simulasi tungsura dan sistem rekap (Sirekap) juga dilakukan KPU Koltim. Selain itu,
sosialisasi, pelipatan surat suara dan webiner KPK bersama KPU dan kedua paslon yang diikuti penandatangan pakta integritas.

Kordiv Teknis KPU Koltim, Anhar memastikan PPS dan KPPS sudah siap melaksanakan pemungutan suara.
“Dalam waktu dekat kami juga akan menggelar Bimbingan Teknis (Bintek) pungut hitung mengugnakan e-rekap PPK berasal 12 kecamatan, 133 PPS dan KPPS 303 TPS dan pendistribusian logistik,” ujar Anhar.

Di Kabupaten Buton Utara, KPU menuntaskan satu persatu tahapan Pilkada 9 Desember 2020. Debat publik sudah digelar. Kini sedang mengurus logistik. Lembaga yang dipimpin, Hasruddin itu mengampanyekan sukses penyelenggaraan Pilkada dengan intens sosialisasi dan mengajak masyarakat untuk datang ke TPS dan menyalurkan hak pilih.

Selain itu, KPU memastikan prosedur protokol kesehatan (prokes) pencegahan penyebaran Covid-19 terpenuhi. Ketua KPU Butur, Hasruddin mengungkapkan, ada 12 kebiasaan baru yang perlu diketahui masyarakat saat di TPS nanti. Yakni wajib memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan sebelum dan sesudah dari TPS, pemeriksaan suhu tubuh, menggunakan sarung tangan, memakai pelindung wajah, jumlah pemilih maksimal 500 per TPS, petugas KPPS menggunakan APD, waktu kedatangan pemilih diatur, disinfeksi rutin TPS, tidak bersalaman, dan tinta tetes.

“Saya harap dengan imbauan sukseskan Pilkada 2020 dan sosialisasi 12 kebiasaan baru mencegah Covid di TPS, masyarakat bisa lebih paham sehingga bisa menyalurkan hak pilihnya demi terciptanya pilkada yang aman, damai, dan sehat,” ujar Hasruddin kepada Kendari Pos, Sabtu (28/11) kemarin.

Hasruddin menambahkan, dalam sepekan terakhir telah sukses menyelenggarakan debat kandidat, dan uji coba aplikasi sirekap dan menyortir surat suara dilakukan untuk mengetahui apakah surat suara tersebut dalam kondisi baik atau tidak.

Sosialisasi ajakan memilih juga dihembuskan KPU Wakatobi. KPU memilih sosialisasi kepada penyandang disabilitas. “Mari semua menyalurkan hak suara dan jangan menjadi golongan putih (Golput),” ujar Rizal, Koordinator Divisi (Kordiv) Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Wakatobi kepada Kendari Pos, Sabtu (28/11) kemarin.

Rizal mengimbau seluruh masyarakat termasuk penyandang disabilitas untuk hadir di TPS pada 9 Desember 2020 dan menyalurkan hak demokrasinya. Rizal juga tak lupa meminta peserta sosialisasi disabilitas agar dalam menyalurkan hak pilihnya sesuai kehendak masing-masing. “Kami sudah menyiapkan fasilitas untuk kaum difabel,” tambahnya.

Mematangkan persiapan teknis jelang pemungutan suara juga ditunaikan KPU Konawe Kepulauan (Konkep). KPU setempat memastikan warga di daerah itu yang telah memiliki KTP-el atau Surat Keterangan (Suket) domisili dari Dinas Catatan Sipil (Capil) setempat berhak menyalurkan hak suaranya.

Koordinator Divisi Teknis KPU Konkep, Badran memastikan meski H-1 pencoblosan kartu identitas diri itu terbit, KPU tetap melayani warga menyalurkan hak pilih pada Pilkada 9 Desember mendatang. “Kalau kartu identitasnya sebagai warga Konkep tetap dilayani,” tegasnya.

Regulasi sebelumnya memang mengatur bahwa surat berdomisili berlaku 6 bulan sebelum pelaksanaan Pilkada. Namun kini regulasi itu tidak berlaku lagi. “Meski sehari menjelang pencoblosan lalu KTP atau Suketnya baru terbit maka tetap dilayani sebagai pemilih tambahan. Yang penting tidak terdaftar dalam DPT,” kata Badran.

Untuk memastikan penyelenggaraan Pilkada berjalan sukses dan sehat, bebas dari penyebaran Covid-19, KPU Konawe Utara (Konkep) sudah mengantisipasinya. KPU melakukan rapid test bagi 1.393 kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS). Tak hanya itu, 398 petugas ketertiban TPS tak luput dari rapid test. “Rapid test dimulai sejak 20 hingga 27 November 2020. Bagi KPPS dan PAM TPS,”ujar Koordinator Divisi (Kordiv) Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPUD Konut, Prasetio Hariwibowo, Sabtu (28/11) kemarin.

Sementara itu, KPU Muna sudah melakukan tahapan Pilkada lainnya. Kini, sedang fokus mengurus logistik pilkada sebelum didistribusi ke penyelenggara tingkat kecamatan dan desa.
Ketua KPU Muna, Kubais menerangkan logistik tersebut meliputi surat suara, kotak suara, bilik suara, tinta, segel, kabel ties, lembar daftar paslon, formulir C plano KWK berhologram dan sampul. “Pengadaan logistik itu dilakukan melalui e-katalog. Logistik yang sudah tiba, langsung disortir,” kata Kubais kepada Kendari Pos, Sabtu (28/11) kemarin. (kam/kus/had/thy/san/min/ode/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy