Mendikbud Puji Prestasi UT – Kendari Pos
Nasional

Mendikbud Puji Prestasi UT


KENDARIPOS.CO.ID — Universitas Terbuka (UT) konsisten berkontribusi dalam dunia pendidikan di Indonesia. Penyediaan sumber daya manusia (SDM) unggul melalui pembelajaran jarak jauh merupakan salah satu bukti nyata. Selain itu, peningkatan kualitas sarana dan prasarana serta peningkatan kualitas perkuliahan yang baik, meski di tengah kondisi pandemi Covid-19.

Sistem belajar terbuka dan jarak jauh terbukti efektif meningkatkan daya jangkau dan pemerataan kesempatan pendidikan tinggi yang berkualitas bagi semua warga negara Indonesia, termasuk mereka yang tinggal di daerah-daerah terpencil, baik di seluruh nusantara maupun di berbagai belahan dunia.

Mendikbud Nadiem

Deretan prestasi UT itu menuai pujian dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI, Nadiem Anwar Makarim. Ia mengatakan, Universitas Terbuka sudah menjadi pioner dan role model pembelajaran jarak jauh dan pembelajaran daring. Jumlah mahasiswa pun sangat banyak dan tersebar di nusantara.

“Mahasiswa UT lebih happy kuliah online, karena didukung berbagai fasilitas memadai dari segala aspek. Hikmah dari kondisi pandemi Covid-19 adalah kita harus benar-benar memikirkan potensi untuk lebih ditingkatkan, supaya gup antara daerah bisa diatas. Dalam lima tahun terakhir, kita ciptakan kesetaraan akses internet,” ujar Nadiem Anwar Makarim saat dialog khusus secara virtual melalui channel youtube Universitas Terbuka TV, kemarin.

Mendikbud Nadiem Anwar Makarim menegaskan kondisi di tengah pandemi Covid-19 saat ini, insan pendidikan dituntut mengembangkan berbagai cara dan potensi untuk meningkatkan sistem belajar secara online. Menteri Nadiem Anwar Makarim mengakui bahwa secanggih apapun teknologi, tidak akan dapat menggantikan sistem belajar secara langsung.

“Teknologi ada batasnya. Teknologi tidak akan bisa mengantikan peran guru. Peserta didik membutuhkan interaksi fisik berdasarkan empati, mental dengan guru, serta betapa pentingnya peran orang tua terlibat dalam pembelajaran anak. Orang tua pendidik utama, sekolah hanya membantu,” ungkap Nadiem Anwar Makarim.

Sementara itu Rektor Universitas Terbuka, Prof. Ojat Darojat Dip. Mgt., M.Bus., Ph.D mengapresiasi pujian Mendikbud Nadiem Anwar Makarim. Prof. Ojat Darojat menjelaskan UT sudah berkiprah selama 36 tahun dengan menyelaraskan kemajuan teknologi dan informasi saat ini. “Kita sangat concern kepada mahasiswa di daerah tertinggal dan tertular. Bahan ajar didesain dengan alat pembelajaran jarak jauh, bahan ajar tersebut bisa dipelajari tanpa bantuan orang lain. Bahan ajar ini hasil kerja sama dengan universitas lain,” tuturnya.

UT juga memberikan tutorial baik online dan maupun face to face. Layanan belajar yang sinkron real team, dan ujian akhir semester online. Mahasiswa UT bisa ujian di rumah, di kantor dan di tempat lainnya. “Kami optimistis bisa mencapai visi misi UT di tengah pandemi Covid-19. Bersinergi dengan perguruan tinggi dan pemerintah sangat penting, agar tercapai sebuah kelembagaan yang maju untuk bisa membawa perubahan bagi Indonesia,” tutup Prof. Ojat Darojat.

Sebelumnya, Direktur UT Kendari, Drs. Arifin Tahir S.Pd.,M.Pd mengungkapkan, UT Kendari telah menjadi kampus pelopor Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) di Sultra, dengan harapan bisa memberikan pendidikan yang merata bagi seluruh masyarakat baik di kota maupun di pelosok Sultra.

“UT Kendari ini hadir sebagai jawaban dari masyarakat Sultra, khususnya yang berada di daerah pelosok, yang tidak bisa ke kota untuk melanjutkan jenjang pendidikan tingginya. UT Kendari hadir menjadi sebuah solusi melalui metode pendidikan jarak jauh,” ujar Arifin Tahir, baru-baru ini.

Keberadaan UT Kendari menjadi salah satu pilihan tepat bagi masyarakat Sultra yang mau melanjutkan kuliah. Namun, keberadaan UT Kendari dengan ke fleksibelnya belum diketahui oleh seluruh masyarakat Sultra. (m5/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy