Mega Proyek Aman Sampai di Istana Negara, Stafsus Presiden Puji Ali Mazi – Kendari Pos
Nasional

Mega Proyek Aman Sampai di Istana Negara, Stafsus Presiden Puji Ali Mazi


KENDARIPOS.CO.ID — Karya pembangunan spektakuler Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi dan Wakil Gubernur Sultra Lukman Abunawas (Aman) memukau staf khusus Presiden RI bidang inovasi dan milenial, Gracia Josaphat Jobel Mambrasar. Terlontar pujian dari pria yang karib disapa Billy itu usai menyaksikan maha karya duet Aman, seperti pembangunan jalan pariwisata Kendari–Toronipa, perpustakaan regional modern, dan Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah (RSJPD).

ALI MAZI GUBERNUR SULTRA

Tiga mega proyek duet Ali Mazi-Lukman Abunawas (Aman) itu akan menggema di Istana Negara. Staf khusus (Stafsus) Presiden, Gracia Josaphat Jobel Mambrasar akan melaporkan kepada Presiden Jokowi di Istana Negara. “Saya akan laporkan progres pembangunan seluruh program prioritas dan program pembangunan lainnya ini kepada Presiden Joko Widodo dalam rapat khusus yang diagendakan setiap pekan di Istana Negara. Saya yakin Presiden Jokowi akan mendukung sepenuhnya visi besar dan terukur seperti ini,” ujar Billy Mambrasar saat jamuan bersama Gubernur Sultra, Ali Mazi, Selasa (3/11) malam.

Staf Khusus Presiden RI, Billy Mambrasar melakukan kunjungan kerja ke Sultra bersama 11 staf dari Kantor Staf Khusus Presiden dan tiga staf dari Sekretaris Kabinet (Seskab) Indonesia Maju serta Budi Irawan dari Ditjen Otoda Kemendagri.

Di hadapan Gubernur Sultra, Ali Mazi, staf khusus Presiden RI, Billy Mambrasar mengaku takjub dengan metode kawasan terintegrasi dan sinergis yang diterapkan Gubernur Ali Mazi dalam pembangunan Sultra. Dengan metode seperti ini, seluruh wilayah Sultra akan menerima dampak dari pembangunan. Menurutnya, metode kawasan terintegrasi dan sinergis itu tidak memutus pembangunan yang telah dilakukan oleh para gubernur Sultra sebelumnya.

Bahkan Billy memuji langkah cepat, tepat dan terukur Gubernur Ali Mazi membangun RS Jantung dan Pembuluh Darah yang akan menjadi rumah sakit rujukan untuk kawasan Indonesia bagian Timur. Keberadaan RSJPD Sultra itu akan memangkas jarak dan memudahkan masyarakat Indonesia Timur untuk mengakses pengobatan jantung dan pembuluh darah yang tidak perlu jauh sampai ke Jakarta atau Singapura.

Billy juga merasa senang dengan konsep perpustakaan modern yang diadopsi dan dikembangkan Gubernur Ali Mazi dari dua universitas ternama di Amerika Serikat. “Perpustakan seperti itu akan menjadi ekosistem milenial dan mudah menggiring generasi milenial membuka diri pada ilmu pengetahuan yang nantinya mereka butuhkan untuk mengakses lapangan kerja informal dan kewirausahaan,” ungkap Billy di hadapan Gubernur Sultra Aki Mazi yang didampingi Sekda Provinsi Sultra, Nur Endang Abbas, Kepala Dinas Dikbud Sultra Asrun Lio, dan sejumlah pejabat Pemprov Sultra lainnya.

Sebelumnya, Gubernur Sultra Ali Mazi memaparkan program pembangunannya yang sesungguhnya searah dengan program-program pembangunan Presiden Joko Widodo, khususnya pembangunan kepariwisataan dan pengembangan jaringan transportasi. Serta sektor ketahanan pangan (perikanan, pertanian, dan perkebunan).

Pada sektor pariwisata, Gubernur Sultra Ali Mazi menyampaikan progres pembangunan jalan pariwisata Kendari–Toronipa, perpustakaan regional modern, dan Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah (RSJPD). Seluruh pembangunan itu menyerap sumber dana APBD, APBN dan pinjaman RIDF (Dana Pengembangan Infrastruktur Daerah).

Gubernur Sultra Ali Mazi menjelaskan, kawasan pariwisata Toronipa akan dibangun dalam beberapa klaster dan menjadi penghubung bagi kawasan pariwisata unggulan Sultra lainnya, seperti Labengki (Konut) dan Wakatobi.

Selanjutnya, pembangunan perpustakaan regional modern Sultra mengadopsi konsep dan manajemen Boston Public Library dan Harvard Library University (USA) yang menjadikan perpustakaan sebagai pusat wisata literasi modern. Selain itu, RSJPD Sultra yang sedang menjalani pembangunan tahap keduanya. “Rumah Sakit Jantung ini akan menjadi rumah sakit jantung kedua di Indonesia, setelah RS Jantung Harapan Kita di Jakarta, ” ujar Ali Mazi.

Gubernur Sultra dua periode itu menjelaskan RS Jantung dan pembuluh darah Sultra ini nantinya menjadi rumah sakit rujukan jantung dan pembuluh darah di Indonesia bagian Timur. Bahkan RSJPD Sultra telah menjalin kerja sama dengan salah satu Rumah Sakit Jantung di Jerman.

Gubernur Ali Mazi menambahkan, untuk program mitigasi bencana, akan memindahkan posisi Pasarwajo, ibu kota Kabupaten Buton ke zona yang lebih tinggi dengan luasan awal 30 hektare. “Pemindahan seluruh kota Pasarwajo ini untuk mengantisipasi bencana Tsunami yang pernah menghantam kota pesisir ini pada tahun 1999,” ungkapnya.

Gubernur Ali Mazi, melalui Stafsus Presiden RI bidang Inovasi dan Milenial, Billy Mambrasar, menitipkan salam dan terimakasih sebesar-besarnya kepada Presiden Joko Widodo yang telah menaruh perhatian pada pembangunan Provinsi Sulawesi Tenggara.
(rah/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy