Lima Pemerkosa di Busel Terancam 15 Tahun Penjara – Kendari Pos
Hukum & Kriminal

Lima Pemerkosa di Busel Terancam 15 Tahun Penjara

KENDARIPOS.CO.ID — Para pelaku pemerkosaan dan penganiayaan anak di bawah umur di Buton Selatan (Busel) akhirnya menyerahkan diri. Kelima pelaku berinisial SA, SD, LK, LA dan LI langsung menjalani penahanan di Polres Buton. Pemerkosaan ini terjadi tanggal 4 Desember 2019 namun baru dilaporkan 24 Oktober 2020 usai video aksi para pelaku viral masyarakat di Sampolawa.

AKP Dedi Hartoyo

Kasat Reskrim Polres Buton, AKP Dedi Hartoyo mengatakan seluruh pelaku telah diamankan. Awalnya, dua pelaku datang menyerahkan diri tanggal 12 November lalu. Jelang 30 menit kemudian, dua pelaku lainnya menyusul datang ke Polres Buton. Terakhir, pelaku bernisial LI (20) tahun menyerahkan diri setelah kepolisian melakukan mediasi dengan keluarga.

“Jadi, para pelaku sudah kita amankan. Dua pelaku datang sendiri dan dua pelaku lagi dibawa oleh warga. Sedangkan pelaku LI (20) berhasil diamankan setelah kepolisian melakukan mediasi kepada keluarga. Dalam pelariannya, LI bersembunyi di rumah pamannya yang berada di Wakatobi terhitung sejak setahun yang lalu,” jelas AKP Dedy Hartoyo kemarin.

Guna proses hukum lebih lanjut, kelima pelaku saat ini diamankan di Mako Polres Buton. Para pelaku terancam dijerat pasal 81 ayat (1) atau ayat (2) Jo pasal 76D dan pasal 82 Ayat (1) Jo pasal 76E undang-undang (UU) nomor 23 Tahun 2002 tentang perlindungan anak. Ancaman hukumannya, 15 tahun penjara.

Seperti diketahui, kasus ini sempat membuat heboh lantaranya beredar viral video asusila bulan Oktober 2020. Dalam video itu, terekam video pemerkosaan terhadap seorang gadis di bawah umum di sebuah gubuk di perkebunan. Ironisnya, pelaku dan korban adalah warga Busel. Video itu pun sampai ke keluarga korban dan melaporkan ke Polres Buton. (b/ndi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy