Lepas 300 Mahasiswa KKN, Rektor Unilaki : Jaga Nama Baik Almamater! – Kendari Pos
Edukasi

Lepas 300 Mahasiswa KKN, Rektor Unilaki : Jaga Nama Baik Almamater!


KENDARIPOS.CO.ID — 300 mahasiswa Universitas Lakidende (Unilaki) Konawe dari 9 program studi (prodi), bakal berbaur dengan masyarakat selama sebulan ke depan. Mereka dijadwalkan menjalani masa Kuliah Kerja Nyata (KKN) di 30 desa di empat kecamatan se-Kabupaten Konawe. Rektor Unilaki, Prof. Dr. Hj. Rostin, SE., MS melepas secara langsung keberangkatan mahasiswa KKN tersebut, Kamis (19/11).

Rektor Universitas Lakidende Prof Dr Hj Rostin SE MS (barisan kedua, tiga dari kanan), saat foto bersama sebelum keberangkatan mahasiswa KKN Unilaki, Kamis (19/11) di pelataran gedung Rektorat setempat.

Prof. Dr. Hj. Rostin mengatakan, KKN merupakan program pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan tiap institusi perguruan tinggi. Lewat program KKN itu, ilmu yang diperoleh mahasiswa selama mengikuti proses perkuliahan bisa diaktualisasikan, saat berbaur di tengah-tengah masyarakat. Dalam artian, saat berinteraksi dan bersosialisasi nanti, mahasiswa KKN Unilaki mampu mengedukasi masyarakat dengan ilmu yang sesuai bidangnya masing-masing.

“Tujuan KKN ini untuk mengabdikan diri sesuai ilmu yang diperoleh di kampus. Kita membantu masyarakat dari segi pola pikir dan tindakan nyata saat berada di lapangan,” ujar Prof Rostin, didampingi Wakil Rektor (WR) I Bidang Akademik, Prof La Karimuna, Wakil Rektor (WR) II Bidang Keuangan Dr. Ir. Suharjo serta Wakil Rektor (WR) III Bidang Kemahasiswaan, Abdul Rahman.

Lanjut Prof Rostin, lokasi KKN Unilaki kali ini memang dikhususkan di wilayah kabupaten Konawe saja. Situasi pandemi Covid-19 yang belum mereda, membuat pihak kampus tak memilih lokasi di luar Konawe sebagai tujuan KKN mahasiswa Unilaki. “Padahal biasanya (lokasinya) di luar daerah. Tapi tahun ini, kita di dalam wilayah Konawe saja supaya lebih aman,” ungkap mantan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Halu Oleo (UHO) itu.

Prof Rostin menitip pesan agar mahasiswa KKN Unilaki dapat mengambil bagian untuk menyelesaikan persoalan yang dihadapi masyarakat. Bukan sebaliknya, malah menambah masalah yang dihadapi masyarakat di lokasi KKN yang telah ditentukan. “Jaga nama baik almamater (kampus). Jangan buat ulah. Buatlah kesan yang baik selama berada di posko KKN. Saya menaruh kepercayaan besar, mahasiswa KKN Unilaki bisa menjaga nama baik almamater,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unilaki, Milyan, S.Sos., M.Si menjelaskan, empat kecamatan lokasi KKN mahasiswa Unilaki, yakni kecamatan Lambuya, Meluhu, Puriala dan Tongauna Utara. Sebelum diberangkatkan, peserta KKN juga diwajibkan mengikuti rapid test yang dilakukan pihak kampus bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Konawe. Sesuai arahan pemerintah kabupaten (pemkab) Konawe melalui tim gugus tugas percepatan penanganan (GTPP) Covid-19, peserta KKN diwajibkan mengikuti rapid tes sebagai syarat tambahan sebelum diberangkatkan ke lokasi KKN. “Pesan saya, mahasiswa harus menjaga kesehatan. Selalu memakai masker dan menjaga nama baik almamater,” imbuhnya. (b/adi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy