Kunjungi Kendari Pos, Pangdam XIV/Hasanuddin Dorong Pemulihan Ekonomi Rakyat – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Kunjungi Kendari Pos, Pangdam XIV/Hasanuddin Dorong Pemulihan Ekonomi Rakyat

KENDARIPOS.CO.ID — Badai pandemi Covid-19 merenggut suka cita. Duka menyelimuti para pelaku usaha. Ruang gerak mereka terbatasi oleh pandemi Covid-19. Sektor ekonomi mengalami kontraksi. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) nyaris lumpuh. Masyarakat dibayangi kekurangan bahan pangan. Panglima Kodam (Pangdam) XIV Hasanuddin, Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Andi Sumangerukka enggan melihat duka masyarakat.

Pangdam Mayjen TNI Andi Sumangerukka turun dan mengulurkan tangan dengan segudang bantuan-bantuan. Pelaku usaha diberi modal. Rumah tangga diberi bantuan sembako. Pangdam Mayjen TNI Andi Sumangerukka membuat senyum mereka di wajah duka masyarakat. Pangdam menyalurkan semua bantuan itu di tiga provinsi yakni Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat dan Sulawesi Tenggara. Kehadiran Pangdam Mayjen TNI Andi Sumangerukka di tengah rakyat itu sebagai upaya mendorong pemulihan ekonomi rakyat. Wujud nyata TNI hadir untuk rakyat.

Mayjen TNI Andi Sumangerukka mengatakan di tengah masa sulit saat ini, perekonomian harus berjalan seiring dengan kebijakan pemerintah tentang pembatasan aktivitas dan penerapan protokol kesehatan (Prokes). Di sisi lain, kata Mayjen TNI Andi Sumangerukka, banyak masyarakat yang ingin berusaha akan tetapi terkendala dengan akses permodalan.

“Perbankan punya modal, tapi ragu untuk memberikan kepada masyarakat di masa pandemi ini. Maka saya coba yakinkan mereka (Perbankan) agar masyarakat khususnya UMKM bisa dibantu. Alhamdulillah disetujui,” kata Mayjen TNI Andi Sumangerukka saat menjadi pembicara di Kendari Pos Channel di Graha Pena Kendari Pos, Selasa (17/11) kemarin.

Untuk tahap awal, lanjut dia, pihaknya memberikan akses modal kepada 3.000 pelaku UMKM. Rinciannya, 1.000 UMKM di Provinsi Sulsel, 1.000 UMKM di Provinsi Sulbar dan 1.000 UMKM di Provinsi Sultra. Masing-masing pelaku UMKM mendapat bantuan Rp 2 juta.

“Di Sulsel program ini sukses. Pengembaliannya sangat baik dan di akhir tahun nanti pelaku UMKM bisa mendapatkan modal lebih besar lagi, mulai Rp.10 juta hingga Rp.50 juta. Kalau di Sultra kami masih akan evaluasi dulu besok (hari ini, red). Kalau berjalan baik tentu bisa akan berlanjut,” kata Pangdam Mayjen TNI Andi Sumangerukka.

Selain mendorong sektor UMKM, Pangdam Mayjen TNI Andi Sumangerukka juga berupaya mendorong kecukupan kebutuhan pangan di sektor rumah tangga. Mantan Komandan Korem 143 Halu Oleo Kendari itu telah menyalurkan bantuan sembako dan mengajak masyarakat bercocok tanam.

“Kita coba mendorong masyarakat memanfaatkan lahan tidur. Nanti kita kerja sama dengan Kementerian Pertanian untuk membuka lahan pertanian baru khusus untuk tanaman Jagung dan padi. Selain itu juga kami menggagas program peternakan sapi untuk 1.000 desa di tiga wilayah lingkup Kodam XIV Hasanuddin yakni Sulsel, Sultra, dan Sulbar. Semoga upaya kita ini lancar dan ekonomi masyarakat juga bisa lancar,” beber Pangdam Mayjen TNI Andi Sumangerukka.

Paparan Pangdam Mayjen TNI Andi Sumangerukka membuat Direktur Utama (Dirut) Kendari Pos, Irwan Zainuddin takjub. Ikhtiar, gagasan dan ide Pangdam dalam memulihkan ekonomi warga yang telah terpuruk akibat pandemi Covid-19 sangat tepat.

Menurut Dirut Kendari Pos, Irwan Zainuddin, selain ahli di bidang intelijen, Pangdam Mayjen TNI Andi Sumangerukka sangat piawai menyusun strategi memulihkan ekonomi warga dan perekonomian daerah. “Di masa pandemi ini, masyarakat menaruh harapan penuh pada pemerintah dan TNI. Semoga upaya untuk mendorong ekonomi warga menjadi lebih baik bisa berjalan lancar sehingga bisa menggairahkan kembali sektor perekonomian,” kata Irwan Zainuddin.

Dirut Kendari Pos, Irwan Zainuddin memastikan Kendari Pos mendukung penuh dan siap menjadi mitra TNI dalam menyebarluaskan informasi kepada masyarakat mengenai situasi dan kondisi saat ini secara berimbang. “Termasuk menyiarkan tugas dan peran TNI dalam menjaga dan mengamankan ketahanan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” ungkapnya.

Untuk diketahui, Pangdam Mayjen TNI Andi Sumangerukka menjejak Sultra kemarin dalam rangka kunjungan kerja rutin sebagai Panglima Kodam XIV Hasanuddin yang meliputi wilayah Sulsel, Sulbar dan Sultra. Dalam lawatannya, Pangdam tidak sendiri, dia didampingi Aster Kasdam XIV Hasanuddin Kolonel Inf Arfin Dahlan, Kapendam XIV Hasanuddin, Kolonel Inf Indra dan Kasrem 143/Halu Oleo Kolonel Inf Tri Rana Subekti.

Selain bertandang ke Graha Pena Kendari Pos, Pangdam berkunjung ke Yonif 725 Woroagi. Di sana, mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Sultra itu memberikan arahan kepada seluruh perwira dan prajurit tentang Proper, Planning, Prevent, Pissful dan Performance (P5). Pangdam yakin penerapan P5 dapat menghasilkan kinerja yang baik bagi jajarannya.

Selain itu, Panglima Kodam Mayjen TNI Andi Sumangerukka menandatangani dan menyerahkan prasasti pembangunan masjid dan rehabilitasi rumah di Konawe Selatan serta mengecek kesiapan Laboratorium PCR (Polymerase Chain Reaction) RS dr. Ismoyo Kendari. (ags/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy