Kualitas di Antara Orang-orang Berkualitas, Oleh : La Ode Diada Nebansi – Kendari Pos
Kolom

Kualitas di Antara Orang-orang Berkualitas, Oleh : La Ode Diada Nebansi


KENDARIPOS.CO.ID — Orang-orang berkualitas itu berkumpul di Aula Graha Pena, Kendari Pos. Mereka adalah para inovator di bidangnya masing-masing. Diantara mereka, tak ada yang sama inovasinya. Tapi bahwa, apa yang mereka lakukan, paling tidak, telah menempatkan lembaga tempat mereka berbakti, bekerja, berinovasi, unggul dibanding lembaga-lembaga setaranya, di spesifikasinya.

La Ode Diada Nebansi

Semua dari mereka, dengan inovasi masing-masing tersebut,seakan menjadi untaian prestasi yang saling terpadu, yang kemudian menjadikan Sulawesi Tenggara punya cerita. Lihatlah momentum kedatangan Presiden Joko Widodo di Sultra yang datang meresmikan dua project super penting dan tanda kemajuan besar untuk Sultra.

Yakni, peresmian Jembatan Teluk Kendari dan peresmian Pabrik Gula Bombana. Betul, Jokowi datang untuk dua project itu. Tapi, Jokowi tentu tidak saja berkepentingan meresmikan project, tetapi juga melihat dari dekat masyarakat dan bangsanya secara lebih dekat. Nah, pantauan lebih dekat itu, tentu, kita akan menjaga jangan sampai sang Presiden kecewa dengan penglihatan itu. Dan, ternyata presiden pun memberi apresiasi.

Bagi orang yang berpikir, apresiasi ini tentu tak sempit ruang dan maknanya. Mungkin lebih tepat kalau kita sebut sebagai kemajuan yang komplementer. Artinya, ada banyak hal yang mendukung hingga apresiasi presiden terlontar. Artinya lagi, hal-hal pendukung itulah juga memiliki nilai dalam kemajuan yang komplementer tadi.

Lalu siapa aktor di setiap unit kemajuan itu? Mungkin agak berlebihan jika disebut aktor kemajuan. Tapi bahwa, para inovator yang berkumpul di Graha Pena, kemarin malam, itulah salah satunya. Di bidang tranportasi ada Pak Benny Nurdin Yusuf yang kini menjabat sebagai Kepala BPTD Wilayah XVIII Sultra dan Pak Hado Hasina sebagai Kadis Perhubungan Sultra.

Dan, lihatlah aksesibiliti Sultra. Majunya, minta ampun. Di bidang infrastruktur jalan dan jembatan ada Pak Pahri Yamsul, Kadis Cipta Karya, Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sultra dan Pak Rahim sebagai Kadis Sumber Daya Air dan Bina Marga Sultra. Dan, lihatlah kemajuan di dua-dua bidang itu. Tikungan Wolasi tak ada lagi di bidang Bina Marga dan gedung-gedung bertingkat hingga jembatan penghubung antar pulau telah pula diperlihatkan oleh Cipta Karya dalam lima tahun terakhir.

Kemajuan Sultra di bidang pertanian yang sudah terkenal di nusantara selama ini, ternyata ada Budianti Kadidaa yang berkomitmen mengembangkannya. Di bidang pendidikan, ada Pak Asrun Lio dan lihatlah kecerdasan SDM Sultra masa kini dan akan datang.

Tahukah kamu, bahwa kemajuan ini jika sistem perencanaannya tak mantap, tentu akan berjalan sendiri-sendiri, dan ternyata di Sultra solid dan padu. Siapa sosok di kesolid-paduan perencanaan itu? Perkenalkan:Johannes Robert. Siapa dia? Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda).

Eits, tunggu dulu. Khusus kemajuan di bidang pendidikan, di Sultra ini, bukan hanya maju pendidikan dasar dan menengahnya, tetapi juga kemajuan di bidang pendidikan tinggi di bawah kendali Prof Zamrun yang menjabat Rektor UHO saat ini.

Kebetulan, Prof Zamrun tercatat dalam penerima Kendari Pos Award, malam itu. Lihatlah Prodi-prodi di UHO yang sekarang ini 20 persen lebih sudah terakreditasi A. Sebelum Zamrun hanya 4 prodi terakreditasi A, sekarang sudah 20an Prodi. Grand Matrix peringkat 27 nasional. Peringkat ini memberikan makna yang luar biasa dalam diskusi civitas akademika. Mahasiswa-mahasiswa luar negeri pun banyak mengenyam pendidikan di UHO saat ini. Kata Rhoma Irama: Dan, masih banyak (kemajuan) lainnya. Soalnya, banyak prestasinya UHO di zaman Zamrun tapi, itu nanti ditulis khusus belaee.

Di bidang pengelolaan kepegawaian dan pengelolaan anggaran di Sultra ini pun banyak yang mendapatkan apresiasi dari berbagai lembaga penilai. Ada Ibu Isma di BPKAD, ada Ridwan Badallah di Kominfo, ada Ibu Saleha di Disperindag, ada Parinringi di Kesbangpol dan ada Ibu Endang sebagai Sekda sekaligus “menstempel”kemampuan dan inovasi para apratur itu walau sebagai stempelnya hanya sebatas kata-kata dalam pidato resminya.

Dr. Nur Endang Abbas Buraera tak hanya menyinggung inovasi dan kemajuan di lingkungan kerjanya, tapi, sebagai pendamping gubernur, Nur Endang Abbas juga berkeyakinan bahwa inovator yang datang dari berbagai kabupaten malam itu yang tentu datang dengan inovasi masing-masing, tak kecil andilnya dalam capaian kemajuan pembangunan Sultra saat ini.

Tapi yang namanya acara para inovator yang memiliki unsur kecerdasan, sudah bisa ditebak bahwa siapapun yang duduk di setiap meja bundar malam itu, pastilah orang-orang yang memiliki kapasitas di atas rata-rata orang kebanyakan. Baik kerja lapangan maupun di atas kertas kerja, Kendari Pos sudah memberi Award sebagai pengakuan.

Tapi, kalau kecerdasan di atas mimbar dan spontan, apresiasi apa yang harus diberikan? Bukan apa-apa, tapi kecerdasan spontan malam itu yang mengagetkan para inovator yang datang dari berbagai kabupaten adalah tampilan Nur Endang Abbas Buraera saat memberi pidato.

Dengan intonasi khas, tanpa kata berulang, setiap kalimat member makna penting, mimik dan raut sudah menggambarkan bahwa ibu ini: cerdas. Semua terkesima. Lantunan suara enak didengar. Materinya padat bernilai, dan bagi wartawan: semua kalimat yang dilontarkannya bernilai berita.

“Cerdas ibu ini. Kecantikan ada sama dia. Kemampuan pidato ada sama dia. Kualitas materi pidato ada sama dia. Pluralisme tamu semua mendapat materi dari pidatonya. Ibu ini selain PNS, organisator yah?,” salah seorang penerima Award dari Kabupaten membisik seperti itu. Saya jawab: Ini acaranya Kendari Pos. Kendari Pos tak mungkin menampilkan yang tak berkualitas. (nebansi@yahoo.com)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy